BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Bappeda Sleman selenggarakan FGD Monitoring dan Evaluasi Capaian SDGs tahun 2019

Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan tujuan pembangunan global yang diratifikasi oleh lebih dari 200 negara di dunia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, pada dasarnya telah terimplementasi di dalam pelaksanaan program dan kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman. Lebih jauh, SDGs meliputi empat arah kebijakan yang tertuang ke dalam Pilar Pembangunan Sosial, Ekonomi, Lingkungan, Hukum dan Tata Kelola. Hal ini tertuang dalam materi yang disampaikan oleh narasumber Dr. Rika Harini, M.P. dalam acara FGD Monitoring dan Evaluasi Capaian SDGs tahun 2019 pada hari Kamis (19/09/2019) lalu di Aula Pangripta Bappeda Kabupaten Sleman dan dihadiri oleh seluruh OPD di Kabupaten Sleman dan stakeholder terkait, dengan moderator Kepala Bidang Kesejahteraan dan Pemerintahan, Erny Maryatun, S.IP.

Dr. Rika selanjutnya menyampaikan bahwa capaian di Kabupaten Sleman dari data 2019 secara umum sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari sudah tercapainya target-target SDGs yang ditetapkan oleh nasional, yang ternyata lebih kecil dari target internal OPD di Kabupaten Sleman. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa hal yang belum tercapai seperti pemakaian kontrasepsi semua cara pada perempuan usia 15-49 tahun dan kawasan kumuh yang tertangani, penurunan cakupan bayi usia kurang dari 6 bulan yang mendapat ASI eksklusisf, menurunnya TFR, serta belum adanya indikator terukur tentang capaian para penyandang disabilitas. (***PFP/ Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of