BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

BAPPEDA SLEMAN JADI TUAN RUMAH PERTEMUAN BAPPEDA SE DIY

Pada tanggal 16 Mei 2012, Bappeda Sleman menjadi tuan rumah pertemuan rutin Bappeda se propinsi DIY. Acara pertemuan bertempat di Museum Gunungapi Merapi (MGM) di Hargobinangun Pakem. Acara Pertemuan  ini dihadiri oleh Bappeda dari Propinsi DIY, Bappeda Kabupaten Kulonprogo, Bappeda Kabupaten Bantul, Bappeda Kabupaten Gunungkidul, dan Bappeda Sleman selaku tuan rumah.

Kegiatan pertemuan diawali dengan hiking dengan rute disekitar Museum Gunungapi Merapi (MGM). Setelah hiking dilanjutkan dengan acara sarasehan. Dalam sambutannya Kepala Bappeda Sleman, drg. Intriati Yudatiningsih M.Kes menyatakan terimakasihnya atas kehadiran para peserta forum pertemuan Bappeda se propinsi DIY. Pada kesempatan tersebut drg. Intriati Yudatiningsih M.Kes memperkenalkan keberadaan MGM kepada seluruh peserta.

Lebih lanjut drg. Intriati Yudatiningsih M.Kes mengemukakan bahwa Kabupaten Sleman ditakdirkan sebagai wilayah yang memiliki tugas sebagai kawasan resapan air bagi wilayah DIY. Oleh karena itu Sleman ingin memperkenalkan dan mengembangkan wisata alam yang ada. Pada forum ini drg. Intriati Yudatiningsih M.Kes mengharapkan bahwa seluruh peserta dapat saling sharing, memberikan masukan, saran dan kritikan sehingga dapat membangun DIY dengan lebih sinergis dan lebih baik lagi.

Sementara itu Kepala Bappeda Propindsi yang diwakili oleh Sekretaris Bappeda Propinsi DIY, Ir. Sangidu Umar, MT dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas  terselenggaranya pertemuan ini oleh Bappeda Sleman. Pada pertemuan yang akan datang Bappeda Propinsi DIY yang akan menjadi tuan rumahnya. Dalam kesempatan tersebut  Ir. Sangidu Umar, MT menyampaikan bahwa pada akhir Mei 2012, RKPD di Propinsi sudah akan selesai sesusai dengan peraturan dalam Permendagri No 54.  Selain itu Ir. Sangidu Umar, MT juga mengharapkan melakui pertemuan ini seluruh pimpinan dan karyawan Bappeda Kabupateh/Kota se Propinsi DIY akan semakin akrab dan tercipta sinergi dalam merencakan pembangunan di propinsi DIY. Dalam kesempatan ini Ir. Sangidu Umar, MT juga mengharapkan kehadiran dari seluruh pimpinan dan staf Bappeda Kabupateh/Kota se Propinsi DIY untuk dapat hadir pada pertemuan rutin Bappeda Kabupateh/Kota se propinsi DIY yang akan datang.

Pada acara pertemuan Bappeda Kabupateh/Kota se Propinsi DIY ini diselenggarakan acara pemotongan tumpeng dalam rangka peringatan HUT ke 96 Kabupaten Sleman. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Sekretaris Bappeda Propinsi DIY, Ir. Sangidu Umar, MT yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala Bappeda Kabupaten Sleman, drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes.

Sementara itu wakil dari Bappeda Kulonprogo menyampaikan bahwa MGM ini merupakan obyek wisata yang belum pernah dikunjungi di Sleman. Sehingga kesempatan ini merupakan media promosi wisata yang sangat tepat. Dengan danya pertemuan semacam ini kita memberikan kesempatan kepada rekan-rekan lain untuk lebih mengenal potensi yang dimiliki oleh tuan rumah.

Sedangkan dari perwakilan Bappeda Gunungkidul menyampaikan terima kasih karena pada pertemuan rutin Bappeda Kabupaten/Kota se Propinsi DIY kemarin yang diselenggarakan di Gua Pindul cukup banyak yang datang. Gua pindul merupakan salah satu potensi unggulan Gunungkidul. Selain itu perwaikilan dari Bappeda Gunungkidul menyampaikan bahwa banyak diantara peserta dari Gunungkidul belum pernah berkunjung ke MGM, termasuk menyaksikan filmya. Oleh karena itu peserta dri Bappeda Gunungkidul akan membantu mempromosikan keberadaan MGM ini kepada warga Gunungkidul.

Lebih lanjut disampiakan oleh perwakilan Bappeda Gunungkidul bahwa pertemuan Bappeda ini dulunya bersifat sangat formil dan diselenggarakan dimalam hari. Dalam perkembangannya banyak yang mengharapkan agar pertemuan diselenggarakan secara lebih nonformal dan lebih menonjolkan semangat kekeluargaan. Diharapkan forum seperti ini bisa dipertahankan meskipun pejabatnya silih berganti.

Acara pertemuan dilanjutkan dengan melihat koleksi MGM dan melihat film tentang Merapi di theater yang ada di MGM. Dalam acara ini juga diselenggarakan pengundian door prize yang disedikan oleh Bank Saudara. * * *

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of