BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

BAPPEDA SLEMAN BELAJAR IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KINERJA DAERAH KE BAPPEDA KULON PROGO

Pada hari Rabu, tanggal 25 Februari Bappeda Sleman mengadakan studi banding tentang implementasi sistem informasi kinerja daerah ke Bappeda Kulon Progo. Rombongan dari Bappeda Sleman diantaranya berasal dari Dishubkominfo, Bagian Pengendalian dan Administrasi Pembangunan dan Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman. Rombongan dari Bappeda Sleman dipimpin oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Sleman, Ir. Ratnani Hidayati, M.T.

KUNJUNGAN KE KP

Rombongan Bappeda Sleman diterima oleh Kepala Bappeda Kulon Progo Ir. Agus Langgeng Basuki , yang didampingi oleh Sekretaris Bappeda Kulon Progo, Ir Adnan Widodo, MT, Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian Penelitian Pengembangan Statistik, Ir. Maria Indrati Adayani serta Kasubid Pengendalian, Sutarman, S.STP, M.Eng.

Kunjungan ke Bappeda Kulon Progo dikarenakan Bappeda Kulon Progo dinilai berhasil dalam menerapkan Sistem Informasi Kinerja Daerah Terintegrasi (Integrated Regional Performance System) dengan mengintegrasikan system e-Monev,  e-SAKIP, e-Planning dan e-Musrenbang. Penerapan system yang terintegrasi tersebut selain dapat menjaga konsistensi perencanaan pembangunan juga memudahkan SKPD dalam membuat laporan. Karena dengan hanya sekali entri atau memasukkan data, maka laporan dengan berbagai format sebagaimana yang diminta oleh SKPD lainnya dapat dipenuhi.

Adapun tentang sistem e-monev dimanfaatkan oleh pemkab Kulon Progo setiap triwulan guna melihat progres capaian kinerja tiasp SKPD. Apabila hasilnya tidak sesuai target yang akan dicapai setiap triwulannya, maka akan terpantau dengan keterangan warna yang terdapat dalam sistem e-Monev. Warna yan akan tampak adalah merah, kuning dan hijau. Dengan adanya pemantauan secara triwulan, maka SKPD yang bersangkutan harus mempertanggungjawabkan kinerjanya. Dalam pemantauan setiap triwulan tersebut juga  disampaikan sistem perangkingan yakni 3 SKPD terbaik dan # SKPD yang capaiannya terendah.  (Sekretariat) * * *

 

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
adminDicky A. Tampubolon Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
Dicky A. Tampubolon
Guest
Dicky A. Tampubolon

Mohon bantuan dinformasinya apakah e-planning dan e-musrenbang di Kabupaten Sleman sudah diterapkan ? kami dari Pemerintah Kabupaten Toba Samosir berencana akan melakukan studi banding ke Pemerintah Kabupaten Sleman tentang hal tersebut.