BAPPEDA SINGKAWANG KALBAR BERKUNJUNG KE BAPPEDA SLEMAN

Bertempat di Ruang Rapat C Bappeda Sleman, Sekretaris Bappeda Sleman, Drs. Kunto Riyadi MPPM, mewakili Kepala Bappeda menerima kunjungan Bappeda Kabupaten Singkawang Kalimantan Barat. Dalam penerimaan kunjungan rombongan Bappeda Singkawang yang berjumlah 18 orang, Drs. Kunto Riyadi MPPM didampingi oleh Kabid Perkotaan, Ir. Ratnani Hidayati, MT, Kasubbag Keuangan Heribertus Riswidodo, SE, M.SE, Kasubbag Perencanaan, Nur Fitri Handayani, S.STP, M.Si, Kasubbid Tata Ruang Perdesaan Rita Probowati, ST, MT, Kasubbid Sarana dan Prasarana Perkotaan, Drs. R. Nur Rochmad, MUM, Kasubbid Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan, drh. Harjanto, Kasubbid Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Dra. Wahyu Hardini, Kasubbid Penelitian dan Pengembangan Sri Nurhidayah, S.Si, MT serta Kasubbid Penanganan Kemiskinan Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemberdayaan Perempuan, Sigit Indarto, SE.

Dalam sambutannya Drs. Kunto Riyadi MPPM mengucapkan selamat datang kepada rombogan dari Bappeda Singkawang di Kabupaten Sleman.  Kunjungan ini dapat mempererat tali silaturahmi dan menjadi wahana saling bertukar pengalaman dalam melaksanakan tugas sehari-hari.  Pelaksanaan tugas-tugas Bappeda sangat terbantu dengan terbitnya Permendagri 54 tahun 2010. Selain itu dalam upaya mempermudah pelaksanaan tugas, Bappeda Sleman juga mengembangkan dan mengaplikasikan Sistem Informasi Manajemen (SIM) berupa SIMRENDA atau Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Daerah. Dengan penerapan SIMRENDA proses perencanaan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Pada kesempatan tersebut Drs. Kunto Riyadi MPPM juga memaparkan kondisi dan potensi Kabupaten. Lahan pertanian yang ada di Sleman merupakan lahan pertanian yang paling luas dan subur di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal in dikarenakan keberadaan Gunung Merapi yang berada di wilayah Sleman yang secara periodik mengeluarkan material yang menyuburkan lahan pertanian. Selain itu juga didukung dengan adanya Selokan Mataram yang menjamin ketersediaan air bagi keperluan irigasi.

Sementara itu pimpinan rombongan Bappeda Singkawang R. Arso Budiriyadi dalam sambutan maksud dan tujuan kunjungannya ke Sleman menyampaikan bahwa kunjungan rombongan Bappeda Singkawang ke Sleman ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Daerah atau SIMRENDA. Selain itu juga untuk melihat Program Penanggulangan Kemiskinan (PRONANGKIS) yang juga penanganannya sudah dilakukan dengan pengaplikasian SIM. Selain itu rombongan Bappeda Singkawang juga ingin mengetahui tahapan penyusunan dokumen perencanaan. * * *

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of