BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

BAPPEDA SELENGGARAKAN SYAWALAN DAN PERPISAHAN PURNA TUGAS KASUBBAG UMUM DAN KEPEGAWAIAN

Bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Sleman, pada hari Kamis, tanggal 30 Agustus 2012 diselenggarakan acara Syawalan dan perpisahan purna tugas Kasubbag Umum dan Kepegawaian Bappeda P Wahyu Susanto S, S.Sos. Selain itu acara ini juga sekaligus syukuran promosi jabatan Siti Nurjannah Kusumaningsih ST, MA, M.Ec.Dev yang menjabat sebagai Kepala Seksi Analisis Investasi Bidang Belanja Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Acara Syawalan dan perpisahan purna tugas Kasubbag Umum dan Kepegawaian dihadiri oleh Kepala Bappeda Sleman drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes, Sekretaris Bappeda Sleman Dra. Tri Endah Yitnani, M.Si, para Kepala-kepala  Bidang, Kasubbid/Kasubbag dan seluruh staf Bapppeda Sleman.

Syawalan diawali dengan pengucapan ikrar Syawalan yang sampaikan oleh Staf Bappeda Sleman Dona Saputra Ginting, ST, MES, M.AP Staf Subbidang Tata Ruang Perdesaan Bidang Perdesaan  mewakili seluruh. Dalam ikrarnya Dona Saputra Ginting menyampaikan permohonan maaf kepada jajaran pimpinan Bappeda Sleman atas semua kesalahan dan kekhilafan selama bergaul, berinteraksi dan bekerja. Pada kesempatan itu Saputra Ginting juga mengucapkan selamat atas promosi jabatan Siti Nurjannah Kusumaningsih. Sedangkan kepada P Wahyu Susanto yang memasuki masa purna tugas pada tanggal 1 September 2012, atas nama seluruh karyawan Bappeda Sleman Dona Saputra Ginting mengucapkan terima kasih terma kasih atas saran, nasehat dan juga bimbingan selama mengabdi di Bappeda. P Wahyu Susanto telah mengabdi selama 7 tahun di Bappeda Sleman.

Sementara itu dalam tanggapan ikrar Syawalan Kepala Bappeda drg. Intriati Yudatiningsih M.Kes menyampaikan bahwa menerima apa yang disampaikan oleh Dona Saputra Ginting. Di hari yang bahagia ini kita semua sama-sama saling memaafkan. Setiap tahun kita selalu melekasanakan puasa dan merayakan Hari Raya Idul Fitri, diharapkan semua ibadah yang kita lakasanakan tersebut akan benar-benar membawa kita ke fitrah kita yang suci dan tak berdosa.  Dengan demikian kinerja kita akan semakin baik dan dalam melaksanaka tugas kita benar-benar melakukannya dari hati nurani dan penuh keikhlasan demi kemajuan Bappeda dan Kabupaten Sleman. Kedepan kita perlu mempertahankan dan meningkatkan apa yang telah kita capai sekarang ini. Kekeliruan dan kesalahan yang telah kita lakukan jangan sampai kita ulangi lagi.

Lebih lanjut drg. Intriati Yudatiningsih M.Kes mengatakan sebagai seseorang yang di beri kepercayaan sebagai Kepala Bappeda tentu saja tidak akan mampu bekerja  denga optimal tanpa dibantu oleh seluruh karyawan Bappeda. Dimulai dari sekarang kita akan lebih meningkatkan kinerja kita, sehingga Bappeda akan semakin eksis dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di Sleman ini.  Selama ini kiprah Bappeda sudah sangat baik, hal ini terlihat dari banyaknya tamu termasuk dari daerah lain yang berkunjung dan saling bertukar ilmu dan pengalaman ke Bappeda Sleman. Forum seperti ini memang perlu kita selenggarakan sebagai forum silaturahmi dan saling mengingatkan.

Sementara itu dalam hikmah Syawalan yang disampaikan oleh Setya Firmanta, S.Sos, M.Eng Staf Subbidang Penelitian dan Pengembangan Bidang Pengendalian dan Evaluasi  mengajak seluruh karyawan Bappeda untuk tidak putus-putusnya mengucapkan syukur kepada Allah SWT, karena nikmat Allah untuk kita juga tidak pernah putus. Selain itu Setya Firmanta, S.Sos, M.Eng juga mengajak seluruh yang karyawan Bappeda untuk jangan menunda-nunda untuk meminta maaf. Karena meminta maaf dengan sesegera mungkin diperintahkan oleh Allah SWT dalam Surat Al Imron 133-134. Orang yang bersalah dan tidak segera meminta maaf, maka pikirannya akan terbenani. Sebagai akibatnya orang tersebut akan mengalami gangguan dalam berkreasi.

Lebih lanjut  Setya Firmanta, S.Sos, M.Eng bahwa Allah SWT akan memasukkan ke surga orang-orang yang suka bersedekah di waktu sempit (sedang kekurangan) serta bagi orang-orang yang senang memaafkan orang lain sebelum orang tersebut meminta maaf. Oleh karena itu Setya Firmanta, S.Sos, M.Eng mengajak seluruh karyawan Bappeda di moment Syawalan ini untuk mengikhlaskan kesalahan orang lain.

Setelah penyampaian hikmah Syawalan acara dilanjutnya dengan sambutan pamitan untuk memasuki masa purna tugas Kasubag Umum dan Kepegawaian P. Wahyu Susanto S, S.Sos. Dalam sambutannya P. Wahyu Susanto S, S.Sos menyampaikan permintaan maaf kepada pimpinan dan seluruh karyawan Bappeda apabila selama melaksanakan tugas ada hal-hal yang kurang berkenan di hati. Selain itu P. Wahyu Susanto S, S.Sos mengatakan bahwa melaksanakan tugas di Bappeda selama tujuh tahun merupakan pengalaman hidup yang sangat berharga. Terlebih lagi tugas-tugas di Bappeda sangat padat dan membuat seluruh karyawan di Bappeda nyaris tidak beristirahat. Bappeda ini merupakan tempat untuk belajar. Seorang pegawai yang mulanmya tidak tahu apa-apa, namun setelah sekian lama di tempatkan di Bappeda menjadi banyak tahu.

Lebih lanjut P. Wahyu Susanto S, S.Sos mengatakan bahwa apabila dalam dunia ketentaraan, Bappeda itu diibaratkan sebagai Pasukan Khusus. Hal ini dikarenakan setiap ada permasalahan yang tidak dapat diselesaikan oleh SKPD, maka Bappeda lah yang diminta oleh Bupati untuk menyelesaikannya. P. Wahyu Susanto S, S.Sos juga mengharapkan agar jalinan komunikasi dua arah antara pimpinan dan karyawan Bappeda yang sudah terjalin selama ini dapat terus ditingkatkandan dioptimalkan.

Menanggapi permohonan pamit purna tugas P. Wahyu Susanto S, S.Sos, Kepala Bappeda Sleman drg. Intriati Yudatiningsih M.Kes mewakili seluruh karyawan Bappeda mengucapkan selamat kepada drg. Intriati Yudatiningsih M.Kes yang telah “lulus” dalam melaksanakan pengabdian sebagai PNS di Kabupaten Sleman. Oleh karena itu masa purna tugas jangan diangap sebagai momok yang menakutkan, tetapi sebagai momentum “kelulusan” seorang PNS dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Dengan demikian maka masa purna tugas dapat dinikmati dengan penuh kesenangan. Terlebih lagi  P. Wahyu Susanto S, S.Sos telah mengabdi sebagai PNS selama 24 tahun. * * *

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of