BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

BAPPEDA SELENGGARAKAN PERTEMUAN PERSIAPAN PENYUSUNAN RKPD KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2014

Bertempat di Aula Bappeda Sleman, pada hari Rabu tanggal 30 Januari 2013 diselenggarakan pertemuan Persiapan Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sleman Tahun 2014. Hadir dalam acara ini Bupati Sleman, Sri Purnomo, Sekretaris Daerah, dr. Sunartono, M.Kes, Kepala Bappeda, drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes dan sejumlah kepala SKPD di Kabupaten Sleman. Dalam penyusunan rancangan awal RKPD ini dikemukakan tentang Renja SKPD, proses penyusunan Renja dan renstra SKPD.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sleman menyampaikan bahwa Proses penyusunan RKPD  yang dimulai di akhir bulan Januari 2013 ini, diharapkan dapat mendorong penyusunan APBD tahun 2014 yang tepat waktu. Penyusunan RKPD tahun 2014 sangat penting untuk jembatan mewujudkan visi dan misi rencana pembangunan jangka menengah yang telah disepakati bersama. Terlebih Penyelenggaraan pembangunan daerah tahun 2014,  merupakan bagian dari masa 2 tahun terakhir dari pelaksanaan pembangunan jangka menengah yang berakhir pada tahun 2015. Dengan kata lain tahun ke 4 pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah merupakan  masa kritis terhadap pencapaian target visi misi rencana pembangunan jangka menengah yang telah ditetapkan. pada tahun 2014 nantinya seluruh SKPD di lingkungan Pekab Sleman mampu mewujudkan visi yang telah disepakati bersama yakni mewujudkan masyarakat Sleman yang lebih sejahtera lahir dan batin dan berkeadilan gender. Berkenaan dengan hal tersebut, Penyusunan RKPD tahun 2014 harus lebih cermat dan terintegratif, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat Sleman secara efektif dan efisien dalam mewujudkan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah pada tahun 2015.

Lebih lanjut Sri Purnomo menyampaikan bahwa Untuk itu setiap SKPD perlu berpikiran terbuka, memiliki visi ke depan, terintegratif dan terbuka. Setiap SKPD harus mau dan mampu menerima masukan dari berbagai pihak serta menghilangkan ego sektoral sehingga mampu memformulasikannya dan kegiatan pembangunan. Tahun 2014 mendatang, kegiatan pembangunan diharapkan lebih difokuskan untuk meningkatkan pertumbuhan pendapatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi daerah baik secara kuantitas dan kualitas. Di samping pembangunan ekonomi, Bupati juga mengingatkan bahwa pembangunan 2014 mampu mengakomodasi penguatan keistimewaan Yogyakarta sesuai amanat yang dikandung dalam UU No.13 Tahun 2012.

Untuk tahun 2014 Pemkab Sleman telah menetapkan 10 prioritas pembangunan yang tujuan utamanya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat. Prioritas-prioritas  tersebut yaitu :

  1. peningkatan dan pemberdayaan ekonomi           masyarakat ;
  2. penanggulangan kemiskinan;
  3. peningkatan kualitas kesehatan;
  4. peningkatan kualitas pendidikan;
  5. peningkatan kesetaraan gender;
  6. peningkatan tata kelola pemerintahan dan kualitas pelayanan publik;
  7. peningkatan kualitas sarana dan prasarana publik;
  8. menjaga stabilitas ketahanan pangan;
  9. peningkatan pengelolaan sumberdaya alam, lingkungan hidup dan pengelolaan bencana;
  10. menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban;

 

Sementara itu dalam pengarahannya Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, dr. Sunartono, M.Kes menyampaikan bahwa penguatan asset budaya lokal saat ini perlu diterapkan dalam berbagai lini aktivitas di setiap SKPD di lingkungan Pemkab Sleman. Seperti penggunaan bahasa lokal, mampu menulis tulisan lokal, mampu membaca tulisan lokal serta pakaian lokal dalam kehidupan sehari-hari.   Sunartono mengharapkan kepada SKPD agar menyusun anggaran sesuai dengan prioritas yang telah direncanakan sehingga penyerapannya dapat dimaksimalkan. Berdasar evaluasi tahun 2012 yang lalu,  penyerapan anggaran olek SKPD di Sleman mencapai 80 % hingga 90%. Hasil penyerapan anggaran ini juga perlu dipublikasikan kepada masyarakat sehingga menghindari munculnya tanggapan negative dari masyarakat.

Lebih lanjut dr. Sunartono, M.Kes menambahkan bahwa pada tahun 2013 ini pelaksanan kegiatan pembangunan dan pemerintahan di Kabupaten Sleman akan lebih berat. Hal ini salah satunya disebabkan oleh semakin intensif dan banyaknya sorotan dari masyarakat. Oleh karena itu setiap SKPD di lingkungan Pemkab Sleman harus tertib administrasi dan taat aturan.  * * *

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of