Bappeda Selenggarakan Musyawarah Forum TJSP Tahun 2020 untuk Pertama Kali

Bappeda Kabupaten Sleman selaku Sekretariat Forum TJSP menyelenggarakan Musyawarah Forum TJSP Tahun 2020 untuk pertama kali pada Selasa (20/08) lalu di Edelweiss Room, The Rich Jogja Hotel, Sleman. Acara yang dibuka oleh Wakil Bupati Sleman, Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes dan  dihadiri oleh para perwakilan Organisasi Perangkat Daerah serta perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Wilayah Sleman ini membahas program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 melalui dana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP). Dalam sambutannya, Sri Muslimatun berharap semakin banyak perusahaan yang ikut peduli terhadap pembangunan di Kabupaten Sleman, secara bersama-sama dengan Pemerintah Daerah, sehingga tepat jika menerapkan slogan untuk forum ini dengan sebutan “Salman” atau Saling Peduli Membangun Sleman.

Penyelenggaraan Forum TJSP diselenggarakan sebagai upaya sinkronisasi program/kegiatan pembangunan baik yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan maupun Pemerintah Daearah, sehingga tidak terjadi tumpang tindih alokasi dana kepada kelompok/masyarakat yang menjadi target. Hal ini disampaikan sebelumnya oleh Muhammad Sigit, SE, MSi dalam laporan Ketua Forum TJSP di awal acara. Muhammad Sigit mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang telah menyampaikan rencana kegiatannya pada Tahun 2020 dan mengajak perusahaan lainya untuk dapat berpartisipasi, yang dapat mengacu pada Daftar Inventaris Program Kegiatan (DIPK) Tahun 2020 dan Daftar Program Pendukung Prioritas Pembangunan (DP4) Tahun 2020 dan diserahkan kepada sekretariat sebagai bahan untuk laporan kepada Bupati dan DPRD Kabupaten Sleman.

Salah satu peserta Musyawarah Forum, Abu Bakar, mengusulkan agar Forum TJSP tidak terlalu birokratis dan mengarahkan program/kegiatan yang merupakan usulan dari masyarakat namun sulit untuk dilaksanakan menggunakan sumber pendanaan APBD. Hal tersebut dipandang sejalan dengan tujuan utama dari Forum TJSP yaitu memberikan kondisi saling menguntungkan terutama antara masyarakat dan perusahaan. Permasalahan-permasalahan di masyarakat dapat teratasi dan kontribusi perusahaan sebagai bentuk kepedulian dapat terdata dan tepat sasaran. (***PFP/Bidang Ekonomi)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of