BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

BAPPEDA SELENGGARAKAN FORUM KONSULTASI PUBLIK

Pada hari Rabu, 23 Januari 2013 bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Sleman,  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sleman menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka penyusunan rancangan awal RKPD Kabupaten Sleman tahun 2014. Hadir dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Sleman, dr. Sunartono, M.Kes, Asisten Sekda, Staf Ahli, Kepala LPPM Perguruan Tinggi di Sleman, perwakilan LSM dan sejumlah kepala SKPD di Kabupaten Sleman.

Dalam laporannya Kepala Bappeda Sleman, drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes. mentetakan bahwa kegiatan Forum Konsultasi Publik ini merupakan salah satu upaya untuk menjaring aspirasi dari stake holder (pemangku kepentingan) pada tahap awal persiapan penyusunan RKPD dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas pembangunan Kabupaten Sleman pada tahun 2014. Pada forum ini dikonsultasikan mengenai rumusan sementara prioritas pembangunan untuk tahun 2014 serta dasar analisis yang mendukung rumusan tersebut. Dengen demikian diharapkan Pemkab Sleman mendapatkan masukan penting yang lebih menitikberatkan pada aspek teknokratis.
Pembangunan tahun 2014 mendatang mengambil tema peningkatan kondisi social ekonomi masyarakat yang didukung oleh peningkatan pelayanan public, infrastruktur yang lebih memadai, berwawasan lingkungan dan keamanan yang kondusif. Sedangkan prioritas pembangunan tahun 2014 diantaranya adalah peningkatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, penanggulangan kemiskinan, menjaga kualitas kesehatan, peningkatan kesetaraan gender, peningkatan tata kelola pemerintahan dan kualitas pelayanan public, peningkatan kualitas prasaranan sarana publik, menjaga stabilitas ketahanan pangan, peningkatan pengelolaan bencana, SDA dan lingkungan hidup serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban.
Sementara itu Sekretaris Daerah Sleman, dr. Sunartono, M. Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa forum ini memegang peranan penting mengingat tahun 2014 merupakan masa kritis pencapaian target kinerja rencana pembangunan jangka menengah. Sunartono juga mengingatkan bahwa untuk mencapai masyarakat yang sejahtera, pemerintah perlu meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga mencapai 5,59%. Capaian IPM Kabupaten Sleman pada tahun 2011 yang lalu mencapai 78,79, dengan komponen indeks bidang kesehatan 83,63, pendidikan 85,65 dan pendapatan 67,08 harus dipertahankan dan ditingkatkan. Sedangkan Indeks Pembangunan Gender 74,17 yang menunjukkan peningkatan dibanding indeks tahun 2009 yang mencapai 73,94.   Di tahun mendatang, Sunartono berharap pembangunan tidak hanya dititikberatkan pada penanggulangan kemiskinan namun juga perbaikan infrastruktur dan pertumbuhan perekonomian secara nyata. * * *

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Jepara Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
Jepara
Guest

makasih informasinya