BAPPEDA SELENGGARAKAN FORUM KONSULTASI PUBLIK

Bertempat di Aula Bappeda Sleman, pada hari Rabu tanggal 22 Januari 2014 Bappeda Sleman menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Penentuan Prioritas Pembangunan Kab. Sleman Tahun 2015. Forum Konsultasi Publik ini diikuti oleh Seluruh SKPD, DRD Kab. Sleman, LPPM Perguruan Tinggi. Kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaring aspirasi stake holder atau pemangku kepentingan pada tahap awal dalam persiapan penyusunan RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) Kabupaten Sleman. Dengan demikian Foum  Konsultasi Publik ini bertujuan untuk menghimpun aspirasi dan harapan pemangku kepentingan terhadap prioritas pembangunan tahun 2015 di Kabupaten Sleman. Sedangkan materi yang dikonsultasikan adalah rumusan sementara prioritas pembangunan Kabupaten Sleman tahun 2015.

Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Sleman, dr Sunartono, M.Kes menyampaikan bahwa forum ini diharapkan terjadi interaksi yang intens antara publik dan birokrasi. Apa yang dikehendaki oleh publik dan apa yang bisa diberikan birokrasi dapat dipertemukan. Hal ini dikarenakan masing-masing pihak memiliki cara pandang yang berbeda dan mempunyai keterbatasan. Lebih lanjut Sunartono mengharapkan agar dalam penyusunan perencanaan perlu keseimbangan antara pendapatan dan belanja. Jangan sampai pendapatan ditargetkan tetap tetapi beban belanja naik. Harusnya diseimbangkan antara target belanja dengan pendapatan. Dimungkinkan tahun ini SILPA (Sisa lebih penggunaan anggaran) Sleman 200 jt. Untuk menyusun.perencanaan dengan menggunakan data tahun 2013 namun harus dipertimbangkan fore cast  ke depannya seperti apa.

Pada saat ini kenyataanya yang dihadapi Sleman adalah lahan pertanian banyak yang ditanami semen. Akibatnya lahan pertanian  berkurang untuk hunian, untuk usaha dan sebagainya. Berkaitan dengan hal itu pertumbuhan ekonomi ke depan akan mengarah ke sektor tersier. Sehingga semua harus berpikir tentang hal tersebut. Selain itu keberadaan UU keistimewaan perlu diterapkan dalam perencanaan pembangunan. Alokasi dana keistimewaan di sinkronkan dengan dana APBD sehingga tidak terjadi tumpang tindih anggaran.

Forum diawali dengan pemaparan rancangan awal RKPD 2015 oleh Kepala Bappeda Sleman, drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes yang dilanjutkan dengan tanggapan, usulan dan masukan dari para peserta. * * *

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of