BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Bappeda Rumuskan Indikator Kinerja RPJMD Tahun 2021-2026 Urusan Pertanian dan Pangan

Pada Senin (16/03) lalu, Bappeda Sleman menyelenggarakan rapat koordinasi penetapan rumusan indikator penyusunan RPJMD Tahun 2021-2026 urusan pertanian, pangan dan perikanan pada di RR Kinanthi. Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang Perekonomian dan dihadiri oleh narasumber akademisi Dr.Ir.Lestari Rahayu Waluyati, M.P (Fakultas Pertanian, UGM Yogyakarta), Bidang Tanaman Pangan, Bidang Hortikultura dan Perkebunan, Bidang Peternakan, Bidang Ketahanan Pangan, Kepala Bidang Data dan Perencanaan Pembangunan, Kasubbid serta staf  bidang perekonomian

Dr.Ir.Lestari Rahayu Waluyati, M.P selaku akademisi yang mendampingi penyusunan dokumen menyampaikan bahwa kesejahteraaan petani bisa diukur dengan Nilai Tukar Petani, PDB Sektor Pertanian per kapita, Indeks Kesejahteraan Multidimensi, serta persepsi keadaan dan kecukupan pendapatan.

Rumusan indikator kinerja urusan bidang pangan yaitu persentase jumlah lumbung pangan masyarakat yang aktif, peningkatan jumlah KWT pengelola pemanfaatan pekarangan, peningkatan jumlah Toko Tani Indonesia (TTI) aktif, penanganan daerah rawan pangan/waspada pangan, serta peningkatan jumlah sertifikasi mutu dan keamanan pangan. Adapun indikator urusan bidang pertanian yaitu persentase produksi tanaman pangan, persentase peningkatan produksi tanaman hortikultura, persentase peningkatan produksi tanaman perkebunan, persentase penurunan serangan hama penyakit tanaman pangan, persentase penurunan serangan hama penyakit hortikultura dan perkebunan, persentase peningkatan kelompok yang menerapkan SOP cara-cara penanganan/pengolahan hasil hortikultura dan perkebunan, serta peningkatan kelas kemampuan kelembagaan petani.

Titik Retno Nurjanah, S.P., M.Si. selaku pengampu urusan pertanian dan pangan menyampaikan bahwa terkait pemasaran produk pertanian akan dibantu oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Perangkat Daerah telah sepakat akan mensupport data yang dibutuhkan untuk penentuan program dan kegiatan yang terintegrasi dalam RPJMD untuk mencapai tujuan prioritas pembangunan. Sehingga ke depan, diharapkan terdapat peningkatan sinergitas program dan kegiatan antar urusan dan antar dinas yang terkait. (***Bidang Ekonomi)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of