Bertempat di Ruang Rapat  Dhandanggulo Bappeda Sleman, pada hari Senin, tanggal 5 Maret 2018 Bappeda melaksanakan rapat persiapan acara forum tematik perangkat daerah RKPD 2019. Rapat yang dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Keuangan Bappeda, Heribertus Riswidodo, SE, ME diikuti oleh staf Bappeda yang bertugas pada Acara Forum Tematik Perangkat Daerah RKPD 2019.

Menurut rencana pelaksanaan Acara Forum Tematik Perangkat Daerah RKPD 2019 akan berlangsung mulai hari Selasa, tanggal 6 Mafret 2019 hingga hari Kamis, tanggal 8 Maret 2019. Adapun tempat penyelanggaraan acara forum tematik perangkat daerah RKPD 2019 di Ruang Pangripta (Aula) Bappeda Sleman, Jl Parasamya No 1 Beran, Tridadi, Sleman. Heribertus Riswidodo, SE, ME mengatakan bahwa Acara Forum Tematik Perangkat Daerah RKPD 2019 akan dibuka oleh Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun. Undangan yang mengikuti Acara Forum Tematik Perangkat Daerah RKPD 2019 diperkirakan mencapai 120 orang, yang berasalah dari Perangkat Daerah (PD) dilingkungan Pemkab Sleman dan perwakilan dari organisasi kemasyarakatan.

Pada hari pertama, 6 Maret 2019 tema yang menjadi bahasan pada Acara Forum Tematik Perangkat Daerah RKPD 2019 adalah Kemiskinan dengan nara sumber dan pembahas Drs. Saptoto B I, M.Si dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta. Adapun perangkat daerah (PD) yang melakukan paparan adalah Dinas Sosial, Dinas Koperasi UKM serta Dinas Perlindungan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Adapun pada hari kedua, 7 Maret 2019 tema yang menjadi bahasan adalah tentang Peningkatan Daya Saing Ekonomi Lokal. Perangkat Daerah (PD) yang melakukan paparan meliputi Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu. Adapun yang bertindak sebagai nara sumber dan pembahas adalah Akhmad Syariudin, SE, M.Si, PHd. Cand, dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta.

Sedangkan pada hari ketiga, 8 Maret 2019 yang menjadi tematik pembahasan adalah Ketimpangan Wilayah dan Pendapatan. Perangkat daerah (PD) yang melakukan paparan adalah Dinas Tenaga Kerja, Dinas Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan, Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman. Adapun yang bertindak sebagai nara sumber dan pembahas Ir. Sutrisno, MES mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman. * * * (Sekretariat)