Pada hari Rabu, tanggal 16 Mei 2018, bertempat di Ruang Pangripta, Bappeda melakukan entry SIMRENDA Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2019. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Usulan Rencana Kerja Perangkat Daerah. Yaitu mengkompilasi usulan untuk dimasukan dalam SIMRENDA disertai dengan pembetulan bila terjadi kesalahan dalam pemilihan urusan, program maupun kegiatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pengampu Perangkat Daerah, dan beberapa Kepala Seksi Perencanaan dan Evaluasi dari Perangkat Daerah yang diampunya. Sebagai antisipasi meminimalisir kesalahan entry dalam memasukkan jumlah dan jenis kegiatan, pagu anggaran, output dan outcome yang diusulkan.

Memimpin pelaksanaan kegiatan ini, Kepala Subbidang Perencanaan Daerah, Rita Probowati, ST,MT didampingi Kepala Subbagian Keuangan Bappeda, Heribertus Riswidodo, SE, M.SE, serta didampingi beberapa personel dari Dinas Kominfo selaku konsultan teknis.

Mas Heri, demikian Heribertus Riswidodo biasa dipanggil menjelaskan bahwa langkah pertama adalah membuka sso.slemankab.go.id, kemudian dilanjutkan membuka aplikasi Simrenda. klik perencanaan, klik renstra SKPD, draft renstra, kemudian pilih SKPD, lalu klik tampilkan data.

Langkah berikutnya adalah mengecek setiap kegiatan yang diusulkan oleh perangkat Daerah di SIM. Sudahkan semua kegiatan yang diusulkan ada di SIM. Kalau sudah  langsung bisa lanjut ke Rancangan Akhir Renja. Namun bila belum, harus melakukan penambahan data. Caranya dengan mengklik tambah data, kemudian memilih urusan, program dan kegiatan, dan ditutup dengan simpan data. Maka kegiatan tambahan sudah tersimpan.

Langkah selanjutnya dengan membuka Rancangan Akhir Renja, Draft usulan Kegiatan. Pilih SKPD, kemudian import data dari Renstra.

Kegiatan entry data usulan dari Perangkat Daerah bisa dilakukan. Setelah selesai melakukan entry data jangan lupa simpan. Jangan lupa untuk mengisi setiap kolom yang semestinya untuk diisi daripada nantinya harus berulang ulang melakukan entry karena ada yang terlupa.

Setelah selesai melakukan entry data. Langkah selanjutnya adalah membuka RKPD, klik Daftar kegiatan RKPD, dicermati apakah sudah sesuai dengan usulan. Bila sudah bisa langsung dicentrang untuk disetujui. Namun bila belum harus diteliti ulang untuk mengetahui letak kesalahannya. Untuk kemudian dibetulkan di Draft usulan Kegiatan pada Rancangan Akhir Renja.  (Bidang Data dan Perencanaan Pembangunan)