BAPPEDA KOTA BANJAR PROPINSI JAWA BARAT KUNJUNGI BAPPEDA SLEMAN

Pada hari tanggal 3 Desember 2012, Bappeda Kota Banjar Propinsi Jawa Barat berkunjung ke Bappeda Sleman. Rombongan Bappeda Kota Banjar  yang dipimpin oleh Kepala Bidang Fisik Komarudin ST. Ikut dalam rombongan Kepala Bidang Ekonomi serta beberapa kasubag dan staf. Rombongan dari Bappeda Kota banjar diterima oleh Kepala Bidang Perdesaan, Ir. Dwi Anta Sudibya, MT, Kepala Subbidang Tata Ruang Perkotaan Arif Setio Laksito, ST, M.Dev.Plg, Kepala Subbagian Keuangan Heribertus Riswidodo, SE, M.SE, Kepala Subbidang Monitoring dan Evaluasi  Christiana Rini Puspitasari, SP, M.Si.

Dalam sambutannya Komarudin ST menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan media untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman, terutama dibidang tata ruang dan perencanaan.  Kota Banjar merupakan kota pemekaran baru di Provinsi Jawa Barat, yang wilayah administratifnya  terdiri atas 4 kecamatan, 8 kelurahan dan 17 desa dengan jumlah penduduk lebih dari 200.000 jiwa. Adapun APBD Kota Banjar mencapai Rp 450 Milyar. Kota Banjar merupakan kawasan Agropolitan.

Sementara itu dalam sambutannya Ir. Dwi Anta Sudibya, MT memaparkan bahwa tata ruang di Kabupaten Sleman 1/3 nya merupakan daerah kawasan resapan air.  Sehingga apabila kawasan tersebut dipergunakan untuk kegiatan, maka memerlukan amdal.  Pada saat ini  Kabupaten Sleman telah memiliki Perda RTRW No 12 Tahun  2012. Perda tersebut pembahasannya cukup lama, mengingat Sleman beberapa kali terkena bencana alam seperti gempa bumi pada tahun 2006, serta erupsi Merapi pada tahun 2010.

Dalam kunjungan tersebut Bappeda Kota Banjar juga menanyakan tentang proses penyusunan anggaran, RPJMD, Desa Wisata, pengendalian dan evaluasi, pengelolaan arsip serta penanggulangan kemiskinan.. * * *

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of