BAPPEDA KABUPATEN SLEMAN MENGADAKAN BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP STRATEGIS (KLHS) RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH

Dalam usaha meningkatan perekonomian wilayah sudah sepatutnya pertimbangan tentang pembangunan berkelanjutan menjadi isu utama yang dipertimbangkan agar arah pembangunan perekonomian bisa sejalan dengan keberlanjutan lingkungan hidup. Hal tersebut ditempuh agar generasi selanjutnya dapat menikmati hasil dari pembangunan itu sendiri.

Seiring dengan pertambahan penduduk yang semakin meningkat pada saat ini, permasalahan  lingkungan juga semakin kompleks. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan peningkatan kesadaran masyarakat guna mengutamakan kegiatan-kegiatan pembangunan yang selalu mengutamakan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Sejalan dengan usaha untuk mendapatkan strategi pembangunan wilayah yang berwawasan lingkungan, BAPPEDA Kabupaten Sleman melalui Bidang Fisik dan Prasarana melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Bimbingan Teknis Penyusunan KLHS RPJMD dilaksanakan di Ruang Dhandanggulo BAPPEDA Kabupaten Sleman pada tanggal 17-18 Januari 2019. Bertindak sebagai narasumber adalah Dra. Yuningtyas Setyawati, M.Si dengan peserta yang terdiri dari beberapa personil Organisasi Pemerintah Daerah di lingkungan pemerintahan Kabupaten Sleman antara lain beberapa personil dari BAPPEDA, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, dan Dinas Lingkungan Hirup

Tujuan Pelaksanaan KLHS RPJMD Kabupaten Sleman adalah untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintregasi dalam penyusunan RPJMD, dan meningkatkan kualitas RPJMD sebagai upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Bimbingan Teknis KLHS RPJMD dilaksanakan sebagai awal dari proses pembentukan Kelompok Kerja KLHS RPJMD Kabupaten Sleman agar didapatkan kesepahaman yang sama dalam menentukan Kebijakan Rencana dan Program yang mendukung pembangunan berkelanjutan. (***Bidang Fisik dan Prasarana)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of