BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

BAPEDA SLEMAN SELENGGARAKAN FORUM KOSULTASI PUBLIK RKPD TAHUN 2016

Bertempat Di Aula Bappeda Sleman Pada Hari Senin Tanggal 19 Januari 2015 Diselenggarakan Forum Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sleman Tahun 2016.   Acara forum kunsultasi publik tersebut diikuti oleh DPRD Kabupaten SlemanWakil Ketua DPRD Kabupaten Sleman Sofyan Setyo Darmawan,Kepala Bappeda DIYyang diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Statistik Drs. Beni Suharsono,Sekda Kabupaten Sleman,Asisten Sekda Kabupaten Sleman, Staf Ahli Bupati, Kepala LPPM Perguruan Tinggi di wilayah Kab. Sleman, Direktur Pusat Studi, Ketua Asosiasi profesi dan LSM di wilayah Kab. Sleman serta Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sleman.

 

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Sleman drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes menyampaikan bahwa Penyelenggaraan forum konsultasi publik berdasarkan Permendagri Nomor 54 tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah pada pasal 109 disebutkan bahwa dalam rangka penyempurnaan Rancangan Awal RKPD perlu diselenggarakan Forum Konsultasi Publik. Selain itu drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes mengemukakan bahwa pelaksanaan forum konsultasi publik ini dimaksudkan untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal penyusunan RKPD dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan dalam rangka penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Sleman pada tahun 2016.Adapun materi yang dikonsultasikan adalah draft Rancangan Awal RKPD Kabupaten Sleman Tahun 2016 sehingga diharapkan Pemerintah Daerah mendapatkan masukan penting yang sangat berguna bagi perbaikan pelaksanaan pembangunan Sleman Tahun 2016 mendatang.

 

Sementara itu dalam sambutan pengarahannya Sekretaris Bappeda Sleman, dr. Sunartono, M.Kes menyampaikan bahwa para peserta forum konsultasi publik ini dimohon masukannya, serta menyerap dan mendengarkan apa yang disampaikan  oleh para stake holder atau pemangku kepentingan. Apa yang disampaikan oleh peserta akan dirangkum, dianalisis dan akan disampaikan dalam musrenbang. Dalam musrenbang forum akan lebih besar lagi dan melibatkan desa serta kecamatan. Kebetulan di Sleman RPJMD nya habis masa berlakunya pada tahun 2015 ini. Penyusunan produk akhir RKPD ini bertepatan dengan habisnya masa belaku RPJMD, maka acuannya menggunakan RPJMD DIY  dan RPJPD Kabupaten Sleman. RPJMD Sleman akan disusun kembali setelah adanya  bupati terpilih.

Pemkab Sleman  patut berlega hati bahwa APBD Sleman tahun 2015 sudah ditetapkan dan Pemkab Sleman tidak terlambat dalam penyusunan dan pengesahannya.  Sehingga kita tidak terkena sangsi keterlambatan penyusunan APBD. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada DPRD Sleman yang telah bekerja keras membahas dan mengesahkan APBD Sleman tahun 2015.

Meskipun draft rancangan awal RKPD tahun 2016 telah disusun oleh Bappeda berdasarkan data dari SKPD, namun tidak tertutup kemungkinan adanya koreksi. Oleh karena itu jika sudah bicara angka atau data, mohon dikalrifikasi sumbernya dan metode yang dipergunakan dalam pengumpulan datanya. Karena dengan metode yang berbeda, maka data yang diperoleh juga berbeda. Pada saat ini Pemkab Sleman sedang membuat link sistem informasi manajemen atau SIM antara RPJMD , RKPD, LAKIP hingga LPPD. Dengan langkah link sistem informasi manajemen yang terpadu, maka kedepan tidak ada lagi kegiatan yang muncul tiba-tiba tanpa perencanaan diawal. Paada saat ini di Sleman system yang ada belum terintergrasi dan masih parsial. Direncanakan awal tahun ini integrasi antar system akan selesai.

Ada beberapa isu krusial yang perlu dicantumkan dalam RKPD Tahun 2016. Diantaranya

  1. Penanggulangan kemsikinan
  2. Pertumbuhan ekonomi
  3. Indeks Pembangunan Manusia
  4. Aplikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
  5. Keistimewaan Yogyakarta.

Oleh karena itu pada kesempatan ini saya mengharapkan agar apa yang disampaikan oleh para pemangku kepentingan dalam kegiatan ini benar-benar dicermati dan dikritisi.

Dalam kesempatan ini forum konsultasi tersebut disampaikan paparan oleh Kepala Bappeda DIY yang diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Statistik Drs. Beni Suharsono, M.Si yang menyampaikan  materi RPJMD DIY Tahun 2012-2017,  paparan dari DPRD Kabupaten Sleman yang diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sleman Sofyan Setyo Darmawan yang menyampaikan Pokok-pokok Pikiran Dewan, serta paparan tentang Draft Rancangan Awal RKPD Kabupaten Sleman Tahun 2016 dari Kepala Bappeda Sleman drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes. Sesuai paparan dilanjutkan dengan dialog yang disambut antusias oleh para peserta. (Sekretariat)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of