BAPPEDA SLEMAN Jalan Parasamya No.1, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta 55511, Telp/Fax 0274-868800, bappeda@slemankab.go.id

Audiensi Dewan Litbang Sleman dengan Bupati: Langkah Awal Mendorong Inovasi di Kabupaten Sleman

Dewan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sleman (Dewan Litbang Sleman)  bersama dengan Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Pengendalian Bappeda melakukan audiensi dengan Bupati Sleman pada hari Rabu (2/6). Audiensi dilaksanakan bertempat di Ruang Rapat Bupati Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Audiensi ini bertujuan sebagai ajang silaturahim dan perkenalan antara Dewan Litbang dengan Bupati Sleman periode 2021-2026, Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo. Selain itu audiensi juga berfungsi sebagai ajang tukar pikiran antara Bupati dengan Dewan Litbang yang terdiri atas pakar-pakar, akademisi, praktisi, dan unsur pemerintahan

Dewan Litbang Sleman merupakan  Lembaga Non-Struktural yang dibentuk pemerintah daerah yang bertugas membantu Kepala Daerah merumuskan arah, prioritas utama dan kebijakan strategis pembangunan nasional ilmu pengetahuan dan teknologi. Dewan Litbang Daerah Kabupaten Sleman dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 4 tahun 2021 tentang Dewan Penelitian dan Pengembangan dan Surat Keputusan Bupati Nomor 8.4/Kep.KDH/A/2021 tentang Dewan Penelitian dan Pengembangan Daerah Periode 2021-2024. Dewan Litbang Sleman periode 2021-2024 terdiri atas 8 anggota dengan personalia sebagai berikut:

  1. Ir. Sutrisno, MES, sebagai Ketua merangkap anggota;
  2. Dr. (HC) Ir. M. Gunung Soetopo sebagai Wakil Ketua merangkap anggota;
  3. Drs. Kunto Riyadi, MPPM, sebagai Sekretaris merangkap anggota;
  4. Prof. Dr. Muhammad Baiquni, M.A. sebagai anggota;
  5. Dra. Ambar Tegus Sulistiyani, M.Si, sebagai anggota;
  6. Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo, MPP. sebagai anggota;
  7. Juhri Iwan Agriawan, S.T, M.Sc, sebagai anggota;
  8. Dr. Sutaryono, sebagai anggota.

Pada audiensi yang berlangsung hangat dan penuh dengan kekeluargaan ini, Ketua Dewan Litbang Sleman memberikan Agenda Riset Daerah tahun 2016-2021 dan Laporan kegiatan Dewan Litbang Sleman tahun 2018-2021. Beliau juga menyampaikan bahwa Dewan Litbang Sleman merupakan kumpulan dari pakar-pakar yang siap membantu permasalahan yang ada di Kabupaten Sleman sesuai dengan keahlian dan background pendidikan dari masing-masing anggota apabila dibutuhkan.

Bak gayung bersambut dengan hal tersebut, Bupati Sleman dalam sambutannya mengatakan bahwa sumbangsih dan kontribusi, baik dalam bentuk masukan maupun pemikiran dari Dewan Litbang Sleman sangat ditunggu untuk pembangunan di Kabupaten Sleman. Bupati juga menghendaki bahwa Dewan Litbang Sleman dapat menjadi pendorong Inovasi di Kabupaten Sleman, sebagai pusat riset dan sumber data daerah. Terakhir Bupati meminta Dewan Litbang Sleman untuk fokus pelaksanaan riset, inovasi dan pengembangan pada bidang pendidikan, UMKM, pertanian dan ekonomi masyarakat di Kabupaten Sleman. (***BAY/Bidang Litbangdal)

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x