Bertempat di Ruang Rapat Gambuh, Bappeda Kab. Sleman, dari tanggal 19 April s.d 27 April 2018 dilaksanakan rapat mengenai Pelaksanaan Desk Pengendalian dan Evaluasi (DALEV) Kegiatan Triwulan I 2018 untuk semua OPD se-Kab. Sleman. Rapat dipimpin oleh Kepala Subbidang Pengendalian dan dimulai jam 09.00 s.d selesai dengan jadwal setiap harinya OPD yang berbeda ini, bertujuan untuk mengkoordinasikan kegiatan yang ada di setiap OPD yang mengalami kenaikan pagu atau ada perbedaan anggaran antara RKPD dan APBD dan sampai sejauh mana realiasi fisik serta keuangan sampai triwulan 1 2018. Selain di hadiri oleh Kepala Subbidang/Subbagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi tiap OPD, juga dihadiri oleh Inspektorat serta Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Sleman.

Hasil Desk Pengendalian dan Evaluasi Kegiatan Triwulan I 2018, diketahui terdapat 206 kegiatan yang melebihi pagu Anggaran di RKPD dari 1.713 kegiatan di APBD 2018. Jumlah kegiatan tersebut melonjak jauh dibanding tahun sebelumnya (2017), hal tersebut perlu menjadi bahan evaluasi bersama dikarenakan itu berarti ada ketidak konsistenan dalam perencanaan.

Untuk realisasi keuangan s.d Triwulan I sebesar 12.10%, realisasi fisik sebesar 22.99%. terlihat bahwa realisasi fisik yang besar tidak diikuti dengan realisasi keuangan yang seimbang. Hal tersebut menyebabkan Kabupaten Sleman selalu menjadi sorotan Tim Pengendalian dan Evaluasi (DALEV) DIY yang menganggap bahwa Kabupaten Sleman tidak membutuhkan uang.  Sehingga perlu dukungan bersama agar di Triwulan berikutnya target keuangan tidak terlalu pesimis, paling tidak mendekati atau proporsional dengan realisasi fisiknya. (+LitbangDal+)