Tahun 2011 Kab Sleman kembali memenangkan anugrah Iptek untuk kab/kota setelah tahun 2010 memenangkan anugerah serupa untuk kategori SDM Iptek.

Anugerah Iptek untuk kab/kota tahun 2011 menggunakan istilah Anugerah Iptek Budhipura. Anugerah Budhipura diberikan kepada pemerintah kab/kota berdasarkan penilaian atas upaya pemerintah kab/kota dalam meningkatkan kelajuan pembangunan iptek di daerah melalui penguatan kompetensi kelembagaan dan sumber daya iptek.

Penghargaan ini _juga merupakan apresiasi atas prestasi pemerintah kab/kota yang telah menunjukan kontribusi optimal dalam membangun iptek, sebagai dasar ilmiah dalam penyelesaian masalah-masalah aktual yang dihadapi daerah guna mendorong daya saing daerah.

Keberpihakan dan kontribusi ini ditunjukan pada kebijakan pembangunan iptek yang memberikan dukungan fasilitas, stimulasi, dan penciptaan iklim kondusif serta aksi nyata dalam mensinergikan perkembangan kelembagaan dan sumber daya iptek yang dimilikinya dengan berbagai faktor lainnya.

Dalam penilaian penghargaan ini, melihat apakah di daerah tersebut cukup baik dalam mengimplementasikan hubungan/interaksi ABGC (Academic, Bussines, Government dan Community) atau dalam istilah lain adalah Triple Helix Plus (ABG Plus People). Terkait dengan penilaian kategori ini, maka Kabupaten Sleman dianggap cukup bagus karena cukup memfasilitasi terjadinya link ABGC atau Triple Helix Plus

Pada penghargaan anugerah Ristek kategori SDM Iptek tahun 2010 yang lalu, sebelumnya tim Fact Finding di Kementerian Ristek berkunjung ke lapangan dan mereka sangat tertarik mengunjungi pengolahan sampah berbasis masyarakat di dusun Sukunan. yang akhimya ditindakianjuti lagi kunjungan non formal dari para pejabat Kementerian Ristek ke Sukunan tanggal 16 Juni 2011 dan ke Pasar Buah Gamping untuk melihat pengolahan sampah buah menjadi energi listrik. Pasar buah Gamping adalah salah satu lokasi yang mencerminkan gambaran Triple Helix Plus (ABGC) karena kegiatan dipasar buah Gamping merupakan hasil kerjasama antara PT (UGM/Jurusan Teknik. Kimia) — Pemkab Sleman-masyarakat (Koperasi pedagang buah Gemah Ripah-pemerintah Swedia Kota Bouras dan Dinas Electricity Kota Bouras).

Pada penghargaan Anugerah Budhipura tahun 2011 ini, tim Fact Finding dari Kementerian Ristek juga melakukan kunjungan lapangan setelah Kabupaten Sleman dinyatakan masuk nominasi. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 — 21 Juli 2011 dan diterima oleh Bupati, Sekda, Kepala Bappeda beserta jajarannya dan SKPD terkait. Tim dipimpin oleh ibu Dra Vemmie D Koswara, M. A, Asisten Deputi Budaya dan Etika Iptek dengan anggota Dr. Anny Sulaswaty, M.Eng ( sehari hari adalah Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian Ristek) dan pada saat ini menjabat sebagai Ketua Panitia Peringatan Hakteknas ke-16 tahun 2011, Ir Wisnu Sunarso, M.Eng, Asisten Deputi Jaringan Penyedia dengan pengguna dan OK Sofyan, Kepala Bidang di Keasdepan

Dalam pertemuan dengan Bupati pada tanggal 20 Juli 2011 tim diajak melihat budidaya jamur dan pengembangannya dari mulai hulu ke hilir serta kemanfaatan adanya budidaya jamur tersebut bagi masyarakat. Usaha tersebut telah mendorong terbentuknya petani plasma yang dari waktu ke waktu semakin meluas. Selain itu juga berdampak terhadap roda pengembangan kegiatan perekonomian masyarakat disekitarnya, hal tersebut dapat dilihat adanya usaha parkir , munculnya pedagang buah, dan cendera mata, bisnis pemasokan bahan bahan yang diperlukan untuk rumah makan jamur dll.

Kunjungan tim Fact Finding dilanjutkan pada hari kedua yaitu tanggal 21 Juli 2011 dan mendapat penjelasan tentang kondisi geografis Sleman, potensi dan permasalahan serta berbagai unggulan yang dimiliki oleh Kab Sleman dari Sekda Sleman yaitu Bapak dr. Sunartono, M.Kes. Dalam dinamika diskusi tersebut terungkap beberapa teknologi pada tingkat proses yang sudah dilakukan baik oleh pemerintah Kabupaten Sleman maupun oleh masyarakat dengan dukungan dan atau fasilitasi Pemkab, antara lain : Pengembangan salak pondoh dengan sertifikasi prima 3, pengembangan benih bunga (khususnya krisan), pengembangan beras lokal unggulan seperti beras hitam, beras merah, beras merah putih, rojolele, menthik wangi dsb, sertifikasi buah unggulan : jambu dalhari, buah naga, dan pengembangan berbagai jenis tanaman jamur. * * *