Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang melakukan kaji banding penyusunan dokumen Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD) di Kabupaten Sleman tepatnya di Bappeda Kabupaten Sleman. Mereka diterima oleh Kepala Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan Bappeda Kabupaten Sleman, Drs. Pranama, M.Si di Ruang Rapat Gambuh Bappeda Kabupaten Sleman pada hari Selasa tanggal 6 Februari 2018. Rombongan terdiri 5 orang dari Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, diketuai oleh Ibu Warsini, S.Sos, MM selaku Kepala Sub Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya II, dan didampingi oleh Bapak Agus Widodo (Kasubbid Litbang Pemsosbud), Bapak Wawan Riyadi, SS (Perencana), Bapak Sukamsi, ST (Peneliti) dan Bapak Sri Iriyanta (Fungsional).

Dalam rangka kegiatan penanggulangan kemiskinan perlu disusun dokumen Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD), yang nantinya akan menjadi acuan pelaksanaan program kegiatan penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah terkait. Pemerintah Kabupaten Sleman telah memiliki dokumen Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD) 2016-2020. Dokumen SPKD tersebut dipersiapkan oleh sebuah tim yang terdiri dari perwakilan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman. melewati sejumlah tahapan kegiatan, seperti rapat-rapat tim, pengumpulan dokumen, pengumpulan data, serangkaian focus group discussion (FGD), dan seminar dilahirkanlah draf SPKD yang selanjutnya disahkan oleh Kepala Bapppeda.

Selanjutnya dilakukan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan SPKD setiap tahun, untuk melihat sejauh mana perkembangan capaian indikator yang telah ditetapkan. Hal ini perlu dilakukan untuk bisa memonitor apakah program kegiatan yang telah ditetapkan dalan SPKD telah dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah atau belum. Juga untuk memonitor apakah capaian yang telah dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah pelaksana indikator dalam dokumen SPKD sesuai dengan target yang telah ditentukan. * * * (Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan)