Bertempat di aula Bappeda Kabupaten Sleman, pada hari Kamis,  19 Januari 2012, diselenggarakan Forum Konsultasi Publik Penetapan Prioritas Pembangunan Kabupaten Sleman tahun 2013. Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah kabupaten Sleman, Assekda, Kepala SKPD, DRD Kabupaten Sleman, Kepala LPPM perguruan tinggi di wilayah Kab. Sleman, direktur pusat studi, Ketua LSM, ketua Asosiasi profesi  di Kabupaten Sleman.

Dalam laporan penyelenggaraan, Kepala Bappeda Kabupaten Sleman, drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes menyampaikan bahwa forum konsultasi publik ini merupakan langkah awal dalam menyongsong penyusunan rancangan awal  RKPD tahun 2013. Kegiatan ini dimaksudkan  untuk menampung aspirasi para pemangku kepentingan pada tahap awal  persiapan penyusunan RKPD serta memberi masukan terhadap prioritas pembangunan di Kabupaten Sleman tahun  2013. Lebih lanjut drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes  mengatakan mekanisme materi yang  dibahas dalam forum ini  meliputi  rumusan sementara prioritas pembangunan tahun 2013, serta dasar analisis yang mendukungnya.  Diharapkan melalui kegiatan forum konsultasi publik ini Pemkab Sleman akan mendapat masuka n penting yang  lebih menitik beratkan pada aspek teknokratis.  Mengingat kegiatan ini merupakan awal  dari penyusunan RKPD tahun 2013, yang merupakan bahan  untuk melaksanakan musrenbang ditingkat kecamatan.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Sleman yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Sleman, dr. Sunartono, M. Kes menyampaikan bahwa kegiatan Forum konsultasi publik ini merupakan kegiatan yang pertamakali diselenggarakan di Pemkab Sleman. Kegiatan ini merupakan  langkah yang sangat strategis dalam mematangkan perencanaan pembangunan di Kabupaten Sleman. Selain itu  juga untuk memenuhi standar tahapan dan proses perencanaan sesuai dengan permendagri no 54 tahun 2010 tentang pelaksanaan PP no 8 tahun 2008. Lebih lanjut Bupati mengharapkan para stake holder yang hadir untuk terlibat aktif dan mengoreksi serta menyempurnakan draft dalam penyusunan prioritas pembanguna tahun 2013. Dengan harapan penentuan prioritas pembangunan tahun 2013 akan lebih realistis dan didasarkan pada aspek teknokratis.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan paparan dari Kepala Bappeda dengan materi Prioritas Pembangunan Kabupaten Sleman  Tahun 2013.  Dalam paparannya  drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes  mengemukakan bahwa tema pembangunan Kabupaten Sleman tahun 2013 adalah “ Penanggulangan kemiskinan   yang didukung oleh penguatan ekonomi masyarakat melalui fasilitasi dan pelayanan yang lebih optimal dari birokrasi pemerintahan serta mempertahankan pencapaian dibidang pendidikan dan kesehatan dan ketersediaan infrastruktur. Adapun usulan prioritas pembangunan tahun 2013 meliputi :

1.       Peningkatan tatakelola pemerintahan dan kualitas pelayanan publik
2.       Peningkatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat
3.       Peningkatan kesetaraan gender dalam pembangunan
4.       Menjaga kualitas pendidikan
5.       Penanggulangan kemiskinan
6.       Menjaga stabilitas  ketahanan pangan
7.       Menjaga kualitas kesehatan
8.       Peningkatan kualitas sarana dan prasarana publik
9.       Menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban
10.   Pengelolaan bencana dan percepatan pemulihan  pasca bencana dan
11.   Menjaga kualitas sumberdaya alam dan lingkungan.

Seusai paparan dilanjutkan dengan diskusi peserta . Bertindak sebagai  moderator adalah Sekretaris Bappeda Kabupaten Sleman, Dra. Tri Endah Yitnani, M.Si. * * *