Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Tahun 2016, Bappeda Kabupaten Sleman menyelenggarakan Seminar Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Tahun 2016 dengan Tema ”Inovasi untuk Kemandirian & Daya Saing Bangsa” yang dilaksanakan belum lama ini di Aula Pangripta Bappeda Kabupaten Sleman Jl. Parasamya No. 1 Beran Tridadi Sleman

Seminar ini diikuti oleh Gapoktan, Ketua Asosiasi Pertanian, PPL Pertanian, Inovator, Lembaga Penelitian Perguruan Tinggi, SKPD dan UMKM. Tujuan penyelenggaraan seminar adalah meningkatkan kapasitas SDM petani dan UMKM sebagai bagian pembangunan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dan juga membangun jejaring antara akademisi, pelaku bisnis, komunitas dan pemerintah.

Rangkaian kegiatan Pembukaan Seminar Hakteknas diawali dengan sambutan dari Kepala Bappeda Ketua Panitia. Acara selanjutnya sambutan Bupati Sleman diteruskan dengan membuka secara resmi seminar Hakteknas tahun 2016 dengan tema ”Inovasi untuk Kemandirian & Daya Saing Bangsa”. Dalam acara pembukaan seminar ini Bupati Sleman menyerahan secara simbolis bantuan stimulan sertifikasi HAKI yang berupa hak paten kepada Suryadi, S.Pd penemu Mediakres (media tanam dari plastik kresek) dan SMK Diponegoro dengan penemuan motor anti begal.

Pada sesi seminar, presentasi pertama dari Fakultas Peternakan UGM tentang Plaza Agro. Plaza Agro adalah sebuah unit usaha milik Fakultas Peternakan UGM yang bergerak dalam bidang penjualan produk hasil ternak dari peternak binaan Fakultas Pertanian UGM dan atau UMKM lain yang produknya sudah sesuai dengan standar yang ditentukan oleh Pengelola Plaza Agro.

Pemapar selanjutnya adalah Adhita Sri Prabakusuma, SP.,M.Sc,  Fak. Teknologi Industri  Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tentang Pemasaran dengan Teknologi Informasi/Media Sosial. Diharapkan agar para petani dan UMKM mampu memasarkan sendiri hasil produknya melalui media teknologi informasi /Media Sosial. Pemapar selanjutnya adalah Hardi Julendra, S.Pt, M.Sc Kepala BPTBA LIPI Yogyakarta tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk Daerah dan diakhiri paparan dari BATAN Jakarta tentang Agro Techno Park. Acara diakhiri dengan Tanya jawab dan diskusi terkait dengan materi seminar. *** (Bidang statistik, penelitian & perencanaan)