Guna meningkatkan pelayanan kepada publik khususnya kepada para pemohon ijin penelitian, praktek kerja lapangan dan kuliah kerja nyata maka Pemerintah Kabupaten Sleman telah membuat SIM online dengan berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 32 Tahun 2017 tentang Izin Penelitian, Izin Praktek Kerja Lapangan dan Izin Kuliah Kerja Nyata. Pelayanan secara online  ini telah disosialisakan di Ruang Pangripta (Aula Bappeda Kab. Sleman)     pada tanggal    28 Agustus 2017 kepada Lembaga Penelitian dari Perguran Tinggi yang ada di D.I. Yogyakarta dan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Sleman.

Tujuan dari Pelayanan Izin Penelitian, PKL dan Izin KKN secara Online  adalah untuk mempersingkat prosedur pengurusan ijin penelitan, izin PKL dan Izin KKN dan mempermudah akses pemohon dengan memotong proses pengurusan izin. Dalam Perbup nomor 32 tahun 2017 izin penelitian dan PKL di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab.Sleman. Sedangkan izin KKN  di Bappeda Kab. Sleman.

Proses pengurusan izin penelitian, PKL dan KKN bisa secara online melalui daring http.:siteliti.slemankab.go.id. Dengan menggunakan daring ini maka pemohon izin bisa melakukan pendaftaran online  dimana saja. Melalui pendaftaran yang dilakukan secara online ini, pemohon dapat memantau proses izin yang dimasukkan, apakah izin tersebut diterima atau ditolak, sudah lengkap atau masih ada kekurangan persyaratan. Bila surat izin sudah selesai maka pemohon izin penelitian atau PKL datang ke BAKESBANGPOL dan pemohon izin KKN ke BAPPEDA untuk mengambil izin dengan membawa bukti pengambilan dan berkas-berkas persyaratan izin yang asli. * * * (Bidang Litbang dan Pengendalian)