Setelah acara pembukaan musyawaran perencanaan pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD)  Kabupaten Sleman Tahun 2017 dibuka pada hari Senin tanggl 25 Januari 2016, maka pada hari Rabu, tanggal 27 Januari 2016 rangkaian kegiatan musyawaran perencanaan pembangunan (Musrenbang) di 17 kecamatan di kabupaten Sleman dimulai.

Pada pelaksanaan musyawaran perencanaan pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan pada hari pertama ini dilaksanakan di tiga kecamatan, yakni kecamatan Minggir, Kecamatan Seyegan dan Kecamatan Cangkringan. Kegiatan musyawaran perencanaan pembangunan (Musrenbang)  di Kecamatan Minggir diikuti oleh  para kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), perwakilan organisasi kaum disabilitas di Kecamatan MinggiR, serta organisasi kemasyarakatan lainnya serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemkab Sleman. Turut hadir dalam acara tersebut Camat Kecamatan Minggir, Arif Marwoto, SH; Sekretaris Kecamatan Minggir Drs. Sarjono, M.Si; Sekretaris Bappeda Sleman , Drs. Agung Armawanta, MT dan Kasubbag Perencanaan dan Evaluasi Bappeda Sleman, Nur Fitri Handayani, S.STP, M.Si.

Dalam sambutannya Camat Minggir, Arif Marwoto, SH, menyampaikan bahwa sebelum pelaksanaan musrenbang kecamatan ini telah dilaksanakan musrenbang ditingkat desa dan pra musrenbang ditingkat kecamatan. Namun demikian masih diperlukan saran dan masukan agar program yang disusun ini dapat lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya. Disamping itu dengan kehadiran nara sumber dari Bappeda Sleman diharapkan dapat memperjelas penanggungjawab dari program-program yang disusulkan dalam musrenbang ini apakah program tersebut menjadi kewenangan pihak kecamatan, kabupaten dan propinsi. Mengingat selama ini masih terjadi tumpeng tindih beerkaitan dengan kewenangan etrsebut..

Sementara itu Sekretaris Bappeda Sleman, Drs. Agung Armawanta, MT menyampaikan bahwa  penanganan kewenangan terkait usulan program dan kegiatan hendaknya didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu penanganan kegiatan-kegiatan yang diusulkan perlu dilakukan dengan cermat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun rencana kegiatan tahun 2017 mengingat ada beberapa permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian khusus diantaranya target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,9 % namun dalam realisasinya hanya mencapai 5,2 %. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah masih tingginya angka kemiskinan yakni sebesar 11 %. Oleh karena itu diharapkan masyarakat di Kecamatan Minggir untuk meningkatkan kepedulian dengan tetangganya, apakah disekitarnya masih ada warga masyarakat yang masih miskin.

Lebih lanjut Drs. Agung Armawanta, MT menyampaikan bahwa pada tahun 2020 hingga tahun 2030 Sleman akan mengalami bonus demografi dimana penduduk yang berusia produktif lebih banyak dari pada yang tidak produktif. Berkenaan dengan hal tersebut bonus demografi tersebut perlu dipersiapkan dengan baik, sehinggan memberikan manfaat yang optimal. Masyarakat di Kecamatan Minggir diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme local, yakni dengan memanfaatkan produk yang dihasilkan sendiri oleh masyarakat Minggir.

Dalam kegiatan musrenbang Kecamatan Minggir ini Sekretaris Kecamatan Minggir, Drs. Sarjono, M.Si memaparkan program dan kegiatan yang diusulkan oleh masyarakat maupun organisasi kemasyarakatan di Kecamatan Minggir.

Adapun jadwal musrenbang rkpd di kecamatan selengkapnya sebagai berikut :

No Kecamatan Hari / Tanggal
1 Seyegan Rabu, 27 Januari 2016
2 Minggir Rabu, 27 Januari 2016
3 Cangkringan Rabu, 27 Januari 2016
4 Depok Kamis, 28 Januari 2016
5 Kalasan Kamis, 28 Januari 2016
6 Ngaglik Kamis, 28 Januari 2016
7 Pakem Senin, 1 Februari 2016
8 Moyudan Senin, 1 Februari 2016
9 Sleman Senin, 1 Februari 2016
10 Turi Selasa, 2 Februari 2016
11 Berbah Selasa, 2 Februari 2016
12 Gamping Selasa, 2 Februari 2016
13 Mlati Rabu, 3 Februari 2016
14 Godean Rabu, 3 Februari 2016
15 Ngemplak Rabu, 3 Februari 2016
16 Tempel Kamis, 4 Februari 2016
17 Prambanan Kamis, 4 Februari 2016

*  *  * (Sekretariat)