Frequently Asked Questions tentang Izin Penelitian/PKL

 

  1. Tanya : Saya ingin melakukan penelitian di beberapa SKPD di Pemkab Sleman. Surat permohonan izin penelitian dari kampus harus saya tujukan kepada siapa?

Jawab : Surat permohonan dari kampus cukup satu lembar dengan dilengkapi proposal penelitian dan ID pemohon. Surat permohonan tersebut ditujukan kepada Bupati Sleman Cq Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Kabupaten Sleman. Pada Surat Izin Penelitian yang diterbitkan oleh Bappeda nanti akan dicantumkan tembusan ke instansi-instansi yang Anda perlukan.

 

  1. Tanya : Saya ingin meminta data tentang RTRW Kabupaten Sleman, demografi & dll. Apakah saya juga harus mengajukan permohonan izin penelitian?

Jawab : Ya. Anda perlu mengajukan permohonan izin penelitian untuk bisa mendapatkan data-data yang Anda perlukan. Prosedur pengajuan permohonan dapat Anda lihat pada laman situs ini.

 

  1. Tanya : Untuk persyaratan membuat surat ijin penelitian, apakah format proposal penelitiannya mengikuti format yang ditentukan dari Bappeda atau cukup format yang sesuai dengan ketentuan instansi/kampus masing-masing ?

Jawab : Format proposal penelitian mengikuti format proposal penelitian yang ditentukan oleh kampus atau Universitas Anda.

 

  1. Tanya : Surat izin saya hampir habis tapi penelitian saya belum selesai. Apa yang harus saya lakukan?

Jawab : Anda wajib memperbarui Surat Izin Penelitian Anda jika masa berlakunya sudah habis dan Anda masih memerlukannya untuk melakukan penelitian. Anda cukup membawa surat pengantar yang baru dari Kampus dilampiri dengan Surat Izin Penelitian Anda yang lama dan langsung datang ke Bappeda Sleman. Surat permohonan untuk perpanjangan dari kampus ditujukan kepada Bupati cq. Kepala Bappeda.

 

  1. Tanya : Saya ingin melaksanakan penelitian di Dinas Kesehatan Provinsi DIY atau di Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Bagaimana prosedurnya?

Jawab : Untuk SKPD diluar kewenangan Pemkab Sleman maka izin penelitiannnya ada di masing-masing kabupaten/kota/provinsi dimana SKPD tersebut bernaung. Misalnya jika Anda ingin mengajukan izin penelitian di Dinas Kesehatan DIY maka permohonan penelitian Anda ditujukan ke Pemda DIY bukan ke Pemkab Sleman. Sedangkan untuk semua izin penelitian di instansi Pemkab Sleman harus melalui Kantor Kesbang Kab. Sleman dan Bappeda Sleman. Untuk prosedurnya dapat Anda tanyakan langsung ke instansi yang bersangkutan.

 

  1. Tanya : Saya baru sebatas melakukan studi pendahuluan sehingga saya belum memiliki proposal. Apa yang harus saya lakukan untuk mengajukan izin penelitian?

Jawab : Untuk prosedur pengajuan izin penelitian tetap sama, hanya bagi yang akan studi pendahuluan maka tidak perlu membawa proposal. Untuk lebih jelasnya dapat menghubungi Kantor Kesbang Sleman atau Subbidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Sleman telepon (0274) 868405 pesawat 1172.

 

  1. Tanya : Pada point A2 berisi “Proposal penelitian, yang telah disetujui oleh Dosen pembimbing dan daftar pertanyaan”. Apa yang dimaksud dengan daftar pertanyaan itu ?

Jawab : Bagi Anda yang akan melakukan penelitian dengan model interview atau kuisioner, maka daftar pertanyaan interview atau kuisioner tersebut wajib disertakan dalam proposal Anda pada saat pengajuan Izin penelitian.

 

  1. Tanya : Apakah proses pemberian izin penelitian memerlukan waktu lama ?

Jawab : Surat izin penelitian baik di Kantor Kesbang Kab. Sleman maupun di Bappeda Sleman akan langsung diproses dan diterbitkan saat itu juga (dapat ditunggu) selama persyaratannya lengkap dan masih dalam batas jam pelayanan izin.

 

  1. Tanya : Berapa lama masa berlakunya Surat Izin Penelitian?

Jawab : Masa berlaku Surat Izin Penelitian sesuai dengan permohonan yang diajukan dengan masa berlaku paling lama adalah 3 bulan yang dapat diperpanjang kembali. Untuk studi pendahuluan / observasi / mencari data, masa berlaku Surat Izin Penelitian adalah 1 bulan.

 

  1. Tanya : Kapan waktu penerimaan PKL/magang di Bappeda Sleman? Bagaimana kalau PKL/magang di SKPD lain?

Jawab : Tidak ada waktu khusus untuk penerimaan PKL/magang. Untuk informasi tentang waktu penerimaan PKL dapat langsung menghubungi Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Bappeda Sleman di telepon (0274) 868405 pesawat 1171 atau (0274) 868800. Untuk PKL/magang di SKPD selain Bappeda dapat menghubungi SKPD bersangkutan terlebih dahulu untuk konfirmasi waktu penerimaannya.

 

  1. Tanya : Kampus saya berada di luar daerah/luar negeri (luar Kabupaten Sleman) dan saya ingin melakukan penelitian di wilayah Sleman. Apa yang harus saya lakukan untuk mengurus izin penelitian?

Jawab : Bagi Anda yang berasal dari Perguruan Tinggi di luar Kabupaten Sleman (luar daerah/luar negeri), apabila lokus penelitian Anda hanya di Kabupaten Sleman saja maka prosedurnya sama. Anda dapat langsung mengurus izin penelitian di Kantor Kesbang Sleman dan Bappeda Sleman tanpa melalui Propinsi terlebih dahulu. Tetapi bila lokus penelitian Anda berada di dua/lebih lokus yang berbeda dalam satu penelitian (misal di Kab. Sleman dan Kab. Bantul, atau Kab. Sleman dan Kab. Magelang, dll) maka Anda harus mengurus izin penelitiannnya di tingkat Propinsi terlebih dahulu.