Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan forum koordinasi multi pihak yang berdasarkan komitmen dan saling pengertian yang kuat dalam melakukan pengelolaan ekosistem DAS secara profesional, transparan, partisipatif, akuntabel dan berkelanjutan. Forum DAS ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan pengelolaan DAS, dan membantu pembuat kebijakan untuk merumuskan rencana program dan kegiatan pengelolaan DAS secara terpadu.
Berdasarkan hal tersebut, Bappeda Kabupaten Sleman sebagai sekretariat Forum DAS Kabupaten Sleman menyelenggarakan diskusi dengan tema: “Implementasi Konservasi Sumber Daya Air terkait dengan Perubahan Iklim”. Dalam diskusi ini menghadirkan tiga (3) pembicara, yaitu Dr. Ir. Ambar Kusumandari, MES. (Ketua Forum DAS Kab. Sleman), Drs. C. Kukuh Sutoto, M.Si. (Ketua Forum DAS DIY), Etik Setyaningrum, M.Si. (BMKG, DIY).
Diskusi Forum DAS kali ini dihadiri oleh setidaknya 40 perwakilan dari Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di Kabupaten Sleman, baik yang lingkup pemerintah daerah, maupun yang lingkup vertikal misalnya Badan Pusat Statistik (BPS), Balai Pengelolaan DAS Serayu Opak Progo, dan BMKG, serta perwakilan akademisi dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada.
Berdasarkan hasil diskusi session terakhir dari kegiatan ini, dapat disimpulkan beberapa hal, diantaranya yaitu, konsepsi pengelolaan DAS secara terpadu sudah mendesak untuk dilakukan terutama Bappeda sebagai Sekretariat Forum DAS Kabupaten Sleman. Disamping itu, kegiatan memasyarakatkan sumur resapan sudah seharusnya digalakkan kembali, hal tersebut akan menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah kekeringan yang terjadi. Terakhir Kurniawansyah sebagai koordinator Sekretariat Forum DAS Kabupaten Sleman bertekad untuk terus meningkatkan fungsi Forum DAS di Kabupaten Sleman baik melalui diskusi maupun juga kegiatan yang implementatif untuk dapat mewujudkan Pengelolaan DAS yang lebih baik. (JFP-Bidang Fispra)