Pada tanggal 28 Desember 2011 hingga 29 Desember 2011, Bappeda Kabupaten Sleman melakukan studi banding tentang Desa Inovasi ke desa Mlatiharjo, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Daerah yang cukup potensial untuk dikembangkan sebagai desa inovasi bidang pertanian di wilayah Sleman adalah di daerah Minggir, Moyudan dan Seyegan.

Pengembangan Desa Inovasi ke desa Mlatiharjo, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak berasal dari pemikiran kepala desa Mlatiharjo, Ir. Heri Sugiartono yang memiliki latar belakang pertanian.  Untuk mendukung upaya pengembangan desa inovasi,  Desa Mlatiharjo memiliki visi Menuju Desa Agrowisata Edukasi Tahun 2015. Sedangkan misinya meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa Mlatiharjo . Berdasarkan penuturan Ir. Heri Sugiartono, upaya pengembangan Mlatiharjo sebagai Desa Inovasi telah dilakukan sejak tahun 2000.

Lebih lanjut Heri Sugiharto saat menerima kunjungan Bapppeda Sleman mengungkapkan bahwa untuk mengoptimalkan upaya pengembangan desa Mlatiharjo sebagai desa inovasi, pihaknya melakukan kerjasama dengan beberpa pihak diantaranya dengan perguruan tinggi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) serta Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Selain itu juga menjalin kerja sama  Balai Penelitian Padi Bogor, serta pihak swasta Smartfrend.

Melalui pengembangan  desa inovasi Ir. Heri Sugiartono  mengharapkan agar hasil pertanian di desanya memiliki daya saing dan mempunyai cirri khas yang berbeda dengan komoditas pertanian yang dihasilkan oleh wilayah lainnya. Beberapa produk pertanian yang menjadi unggulan Desa Mlatiharjo diantaranya beras Sultan,  beras Mlati. Selain itu Mlatiharjo juga mengembangkan buah unggulan  seperti sawo, kelengkeng dataran rendah, pepaya red lady serta nangka genjah. Penyediaan bibit hingga pemasaran dikelola oleh BUMDes dengan pola kerja sama bagi hasil dengan masyarakat.

Selain itu Desa Mlatiharjo juga berupaya untuk mengembangkan ternak unggulan.

Ternak yang di budidayakan meliputi :

1.   Ternak Besar ( Sapi potong & Sapi Bibit )

2.   Ternak Kecil ( Kambing dan Domba ) diupayakan breeding kambing dengan harapan muncul ras kambing baru yang khas ( kambing kecil dengan susu yang besar )

3. Ternak Unggas ( Bebek & Itik )

4. Aneka Unggas ( Ayam Kate, Burung Kicau, Burung Hias & Kelinci )

Guna lebih mengoptimalkan upaya pengembangan desa inovasi, desa Mlatiharjo juga mengaplikasikan teknologi informasi. Diantaranya memiliki web site dengan alamat http://mlatiharjo.com/. * * *