Bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Sleman, pada hari Selasa tanggal 8 November 2011, Bappeda Kabupaten Sleman menyelenggarakan Workshop Pendalaman Pemahaman Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Workshop ini diikuti oleh SKPD di lingkungan Pemkab Sleman.

Workshop dibuka oleh Kepala Bappeda Sleman, drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes. Dalam sambutannya drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes mengemukakan bahwa maksud diselenggarakannya workshop ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang PDRB. PDRB merupakan salah satu indikator makro ekonomi yang sering digunakan untuk melihat kondisi perekonomian suatu daerah seperti laju pertumbuhan ekonomi, laju pertumbuhan ekonomi setiap sektor, struktur perekonomian daerah, peranan masing-masing sektor ekonomi dalam suatu daerah serta pendapatan perkapita masyarakat. Selain itu PRDB juga merupakan salah satu instrumen yang digunakan sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan daerah.

Lebih lanjut dalam sambutannya drg. Intriati Yudatiningsih, M.Kes mengatakan bahwa dengan mengikuti workshop ini diharapkan pemahaman kita mengenai PDRB, baik dari sisi pengertian, ruang lingkup, cara perhitungan maupun kegunaannya semakin meningkat.

Adapun sebagai nara sumber dalam workshop ini adalah Drs. Harjana, Kepala BPS Kabupaten Sleman yang memaparkan makalah dengan judul Pemanfaatan Data PDRB Dalam Perencanaan Pembangunan dan MN Ida Budiningsih, MT, MA yang menyampaikan makalah dengan judul Ruang Lingkup dan Metode penghitungan PDRB Menurut Lapangan Usaha. * * *