Keberadaan arsip merupakan suatu kekayaan kita dan merupakan bukti sejarah yang harus kita jaga dan kita pelihara dengan baik.  Oleh karena itu meskipun kemajuan teknologi informasi telah sedemikian pesatnya berkembang, namun upaya menjaga fisik dokumen dengan baik perlu dilakukan. Demikian yang disampaikan Plt Sekretaris Bappeda Arif Setio Laksito, ST, M.Dev.Plg pada saat menyampaikan sambutan pada pelaksanaan Pembinaan Pengelolaan Arsip di Bappeda Kabupaten Sleman pada hari Senin tanggal 19 Juni 2017.

Acara  Pembinaan Pengelolaan Arsip yang dilaksanakan di ruang rapat Sinom diikuti oleh Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian, Kepala Sub Bidang serta para pengelola arsip bidang di lingkungan Bappeda Sleman. Bertindak sebagai nara sumber Ir. A. A. Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri, MM Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Catur Heni Priana, A.Md, Arsiparis Pelaksana Lanjutan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, seluruh aparat di Bappeda Sleman mendapatkan pengetahuan dan wawasan  bagaimana mengelola, menyimpan dan memperlakukan arsip secara tepat.

Ir. A. A. Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri, MM mengemukakan bahwa pada prinsipnya pengelolaan arsip itu bertujuan agar arsi[ mudah ditemukan pada saat dibutuhkan dan terseimpan dalam kondisi yang baik. Namun tragisnya keberadaan arsip sering terabaikan dan dianggap tidak berguna, teronggok dipojokan. Pada saat ada permasalahan barulah keberadaan arsip tersebut dibutuhkan. Oleh karena itu penanganan dan pengelolaan arsip di suatu lembaga sangatlah penting. Terlebih lagi Bappeda merupakan lembaga yang menghasilkan produk-produk perencanaan dan sangat cepat dalam memproduksi arsip. * * * (Sekretariat)