Bertempat di Ruang Rapat C Bappeda Sleman, pada hari Rabu tanggal 13 Januari 2016 diselenggarakan Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual. Kegiatan tersebut diikuti oleh Sekretaris Bappeda, para Kepala Bidang, Kasubag, Kasubbid serta staf di Bappeda Sleman. Adapun selaku nara sumber Elli Widiastuti, SE, Ak Inspektur Pembantu Bidang Kekayaan dari Inspektorat Kabupaten Sleman dan Eka Priastana Putra, SE, M.Si Kepala Bidang Pembukuan dan Pelaporan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Dalam pembukaan sosialisasi tersebut Sekretaris Bappeda, Drs. Agung Armawanta, MT mengemukakan bahwa penyusunan laporan keuangan berbasis akrual sudah diterapkan di Sleman sejak tahun 2015. Namun dalam aplikasinya memang masih ada kekurangan disana sini. Oleh karena itu kita perlu melakukan perbaikan-perbaikan atas kekurangan yang ada dan meningkatkan pemahaman.

Disampaikan dalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa pengertian basis akuntansi akrual adalah suatu basis akuntansi dimana transaksi ekonomi dan peristiwa lainnya diakui, dicatat, dan disajikan dalam laporan keuangan pada saat terjadinya transaksi tersebut, tanpa memperhatikan waktu kas diterima atau dibayarkan. Dasar pelaksanaan penyusunan laporan keuangan berbasis akrual  adalah Perbup Nomor 21 Tahun 2014 tentang Akuntansi Keuangan Daerah.

Laporan keuangan pemerintah daerah basis akrual meliputi :

  1. Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
  2. Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LP-SAL)
  3. Neraca
  4. Laporan Arus Kas (LAK)
  5. Laporan Operasional (LO)
  6. Laporan Perubahan Ekuitas (LPE)
  7. Catatan atas Laporan Keuangan (CALK)

 

Dalam penerapan penyusunan laporan keuangan berbasis akrual di Kabupaten Sleman di dukung dengan pengaplikasian Sistem Informasi Manajemen (SIM) aplikasi yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan diantaranya  SIMAKDA untuk tingkat Pemkab dan di tingkat SKPD SIADINDA. Selain itu juga didukung oleh Sistem informasi pendapatan daerah (DIPENDA) terdiri dari :

  1. SIM PBB (dan SISMIOP)
  2. SIM BPHTB
  3. SIMPAMAN (Pajak daerah non PBB dan BPHTB)

Serta Sim BLUD pada 4 unit kerja BLUD dan SIM ASET (DPKAD). * * * (Sekretariat).