Berlokasi di Aula Bappeda Kabupaten Sleman, hari Selasa tanggal 6 Februari 2018 telah dilaksanakan FGD Monitoring dan Evaluasi SDGs tahun 2017 oleh Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan BAPPEDA Kabupaten Sleman. FGD dihadiri oleh semua camat, dan Kepala OPD terkait. Hasil Monitoring dan Evaluasi SDGs tahun 2017 disampaikan oleh tim dari Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada yaitu Dr. Rika Harini, M.P, Muhammad Arif Fahrudin Alfana, M.Sc, tujuan dilaksanakannya Monitoring dan Evaluasi SDGs adalah untuk memotret bagaimana pelaksanaan SDGs di Kabupaten Sleman

Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) merupakan tujuan pembangunan yang diratifikasi lebih dari 200 negara di dunia untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. SDGs ini merupakan program pembangunan jangka panjang dari tahun 2016-2030. SDGs ini melanjutkan program MDGs (Millenium Development Goals) yang sudah berlangsung selama 15 tahun (2000-2015). Program MDGs yang merupakan Program Internasional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh dunia baik di negara maju maupun negara berkembang telah berakhir tahun 2015.

Tidak hanya meneruskan program MDGs, SDGs ini memiliki tujuan dan indikator capaian lebih banyak dan lebih terperinci. Pada program MDGs yang sebelumnya hanya 8 tujuan, pada program SDGs terdapat 17 tujuan yang dicapai. Penambahan tujuan terutama pada penekanan perubahan iklim global untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Dari 17 tujuan tersebut terbagi ke dalam 4 pilar pembangunan yaitu :

  1. Pilar pembangunan sosial yang merupakan implementasi tujuan pembangunan 1-5
  2. Pilar pembangunan ekonomi meliputi tujuan pembangunan 7-10 dan 17
  3. Pilar pembangunan lingkungan meliputi tujuan pembangunan 12-15 dan tujuan 6
  4. Pilar pembangunan Hukum dan Tata Kelola merupakan implementasi dari tujuan ke 16

 

(Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan)