Pusat Studi Asia Pasifik (PSAP) Universitas Gajah Mada Yogyakarta  pada hari Rabu lalu (16/11/2016) melakukan kunjungan kerja ke BAPPEDA Kabupaten Sleman, dalam rangka Pemetaan Profil Usaha Berbasis Komunitas Dengan Pendekatan Geospasial dan Sosial Ekonomi. Kunjungan kerja ini dipimpin oleh
langsung  Prof. Dr. Ir. Irham, MSc selaku Kepala Pusat Studi Asia Pasifik (PSAP) UGM.  Maksud dan tujuan kunjugan ini adalah melakukan koordinasi awal  antara PSAP UGM Yogyakarta dengan beberapa SKPD antara lain Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan , Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Tenaga Kerja dan Sosial, Dinas Perindustrian  Perdagangan dan Koperasi, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi serta Bappeda.

Dalam pengantarnya disampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan PSAP UGM ini juga bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Kabupaten Sleman merupakan pilot project yang diharapkan bisa dilaksanakan di daerah lain. Keluaran dari kegiatan ini adalah Peta dan Kajian Usaha Berbasis Komunitas berbasis Spasial. Usaha Berbasis Komunitas (UBK) ini adalah kelompok usaha yang beranggotakan masyarakat setempat dan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan anggota (internal) dan pemerataan dilingkungan sekitar (eksternal).

Dalam kunjungan ini juga dipaparkan tentang konsep awal dan rencana tentang kegiatan yang akan dilaksanakan,  dan dilanjutkan dengan diskusi antara Tim PSAP dengan SKPD yang hadir.  * * * (Bidang Ekonomi)