Bertempat di Ruang Rapat I lantai 2 Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, pada hari Senin, tanggal 17 Desember 2012 diselenggarakan presentasi peta data pendidikan. Turut hadir dalam acara presentasi tersebut Kepala Dinas  Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Arif Haryono, SH, Kepala Bidang Pembinaan Kurikulum dan Kesiswaan Dra. Sri Wantini,  Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan SMA dan SMK Drs. Aluisius Sudira, Kepala Bappeda kabupaten Sleman drg. Intriati Yudatiningsih M.Kes, Kepala Bidang Sosial Budaya  Bappeda Sleman M.Kes, Drs. Pranama, M.Si, Kepala Subbidang Pendidikan dan Kebudayaan Dra. Indaryanti, M.Pd, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana SMA dan SMK Drs. Andreas Wiji Utomo, Staf Subbag Perencanaan Dinas Dikpora, Ridhowi, Kasubbag TU Dinas Dikpora, Bawa Krisnandita, SIP, Kepala Seksi Pengembangan Sisitem Informasi Dinas Hubkominfo, Wimbo Budi Prasojo, S.Kom.

Dalam kata pengantarnya Kepala Bidang Sosial Budaya  Bappeda Sleman M.Kes, Drs. Pranama, M.Si, mengemukakan bahwa presentasi tentang peta data pendidikan ini merupakan salah satu out put dari hasil kajian masterplan pendidikan  di Kabupaten Sleman, khususnya kajian kebutuhan sekolah.  Keberadaan peta data pendidikan yang nantinya akan di up load dalam web site Kabupaten Sleman akan mempermudah kita dalam memperoleh data pendidikan di Kabupaten Sleman. Keberadaan peta data pendidikan ini merupakan  dasar dan selanjutnya awal dalam menyajikan data pendidikan bagi seluruh pihak. Diharapkan pada tahun 2013 nanti Dinas Dikpora Kabupaten Sleman dapat melakukan up dating data secara berkesinambungan. Kedepannya item data yang ditampilkan dapat lebih lengkap.

Sementara itu Kepala Bappeda kabupaten Sleman drg. Intriati Yudatiningsih M.Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa   peta data pendidikan ini nantinya dapat di link kan dengan data spasial. Sehingga saling melengkapi satu sama lainnya.  Karena peta data pendidikan ini menyajikan data, hendaknya data yang ditampilkan di up date atau diperbaharui secara periodik. Sehingga data yang ditampilkan benar-benar akurat dan up to date. Oleh karena itu dalam pengelolaan peta data pendidikan ini perlu adanya pelatihan pengelolaan dan up dating data.

Sedangkan Kepala Dinas  Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Arif Haryono, SH menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bappeda dan Dinas Hubkominfo Kabupaten Sleman yang telah memfasilitasi keberadaan peta data pendidikan. Keberadaan peta data pendidikan ini sangat mendukung pendataan yang dilakukan oleh Dinas Dikpora. Lebih lanjut Arif Haryono, SH mengharapkan agar dalam peta data pendidikan ini nantinya item data yang ditampilkan dapat lebih lengkap misalnya data tentang sertifikasi guru,  sekolah dasar yang sudah memiliki ruang perpustakaan, penjagaan guru yang akan pensiun dan sebagainya.

Dalam presentasinya Kepala Seksi Pengembangan Sisitem Informasi Dinas Hubkominfo, Wimbo Budi Prasojo, S.Kom menyampaikan bahwa data yang ditampilkan dalam peta data pendidikan ini berbasis desa. Data yang ditampilkan berasal dari profil pendidikan Kabupaten Sleman. Sebelum di publikasikan melalui web Kabupaten Sleman, data yang ada di peta data pendidikan ini perlu diverifikasi oleh Dinas Dikpora Kabupaten Sleman.

Item data yang ditampilkan dalam peta data pendidikan ini diantaranya Jumlah sekolah, Jumlah kelas, jumlah guru, jumlah siswa dan jumlah penduduk usia sekolah. Data ini juga sudah berbasis jender. Kedepannya item data yang akan ditampilkan dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan. * * *