Bertempat di ruang rapat Gambuh, pada hari Kamis tanggal 9 November 2017 Bappeda Sleman menerima kunjungan studi komparasi penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (SAKIP) dari Bappeda Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi. Dalam sambutannya pimpinan rombongan dari Bappeda Kabupaten Batang Hari menyampaikan bahwa seiring dengan hasi evaluasi SAKIP Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi dari Kemenpan, maka Pemkab Batang Hari ingin memperbaiki nilai SAKIP yang telah diraih selama ini. Berdasarkan referensi, Bappeda Sleman merupakan salah satu lembaga pemerintah yang memperoleh nilai SAKIP yang bagus. Oleh karena itu Tim Penyusun SAKIP Batang Hari, Provinsi Jambi melakukan studi komparasi penyusunan SAKIP ke Bappeda Kabupaten Sleman.

Rombongan tamu Bappeda Kabupaten Batang Hari diterima oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi Bappeda Sleman Nur Fitri Handayani, SSTP, M.Si. Dalam  sambutan penerimaannya Nur Fitri Handayani  menyampaikan bahwa Kabupaten Sleman menargetkan nilai SAKIP A. Namun nilai yang dicapai baru BB. Lebih lanjut Nur Fitri Handayani  menjelaskan bahwa penyusunan SAKIP di Sleman dilakukan dengan memanfaatkan sistem informasi manajeman (SIM) berbasis web. Entri data dalam SIM SAKIP dilakukan oleh Perangkat Daerah (PD) dilingkungan Pemkab Sleman. Dengan kata lain, SAKIP Kabupaten di support oleh SKPD-SKPD. Untuk tahun 2017 SAKIP di Sleman ditangani oleh Bagian Organisasi.

Dalam sesi dialog Nur Fitri Handayani memaparkan bahwa dalam penyusunan SAKIP, maka Renstra harus sudah tersusun secara matang terlebih dahulu. Selain itu untuk mencapai nilai yang optimal dalam penilaian SAKIP oleh Kemenpan, indikator harus bersifat out come bukan out put. * * * (Sekretariat)