Rapat ini merupakan upaya kita dalam melakukan perbaikan kinerja kedepan. Demikian yang disampaikan oleh Sekretaris Bappeda Sleman, Drs. Agung Armawanta, ST ketika membuka Rapat Evaluasi Kegiatan Tahun 2015 dan Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2016. Rapat diselenggarakan di Ruang Rapat C Bappeda Sleman dan diikuti oleh Kepala Bappeda Sleman, drg. Intriati Yudatiningsih. M.Kes, para kepala-kepala bidang, kepala sub bidang / kasubbag serta staf Bappeda Sleman.

Pada pelaksanaan rapat internal Bappeda ini Kepala Bappeda Sleman, drg. Intriati Yudatiningsih. M.Kes, menekankan bahwa perencanaan kegiatan di Bappeda ini harus benar-benar cermat. Bappeda selaku leading sector perencanaan daerah, harus memiliki nilai lebih dibidang perencanaan dibandingkan dengan SKPD lainnya. Lebih lanjut drg. Intriati Yudatiningsih. M.Kes mengemukakan bahwa dalam menentukan target pernarikan anggaran perbulan, harus dihitung dan dilakukan dengan cermat serta serealistis mungkin, karena mempengaruhi kinerja yang ditunjukkan melalui rapot Bapppeda dalam Sistem Informasi Manajemen (SIM) Teppa.  drg. Intriati Yudatiningsih. M.Kes memberikan apresiasi kepada Bidang pengendalian dan evaluasi yang mampu menyerap anggaran sebesar 99,48 %. Diharapkan bidang-bidang lain mampu menyerap anggaran diatas rata-rata penyerapan anggaran Bappeda pada tahun-tahun mendatang. Kemampuan penyerapan anggaran adalah salah satu indikator pelaksanaan pelaksanaan rencana kerja yang baik dan terarah.

Dalam rapat tersebut disampaikan bahwa Realisasi fisik 100%, realisasi keuangan Belanja langsung dan tidak langsung sebesar 97,34%. Realisasi keuangan Belanja Langsung sebesar : 94, 72%. Raport Bappeda dalam Sistem Informasi Manajemen (SIM) Teppa berwarna biru pada  Desember. Adapun Persentase penyerapan secara rinci :

  1. Bidang pengendalian dan evaluasi            : 99,48%
  2. Bidang Statistik, Litbang & Perenc.           : 96,81%
  3. Bidang Ekonomi                                            : 95,08%
  4. Bidang Sosial & Pemerintahan                   : 94,33%
  5. Bidang Fispra                                                 : 93,78%
  6. Sekretariat                                                      : 93,26%

Dalam rapat tersebut juga dibahas mengenai upaya-upaya perbaikan kinerja Bappeda ditahun 2016 diantaranya sebagai upaya pembenahan kinerja keuangan, maka rencana penarikan dana per bulan yang telah direncanakan dalam DPA ditaati dan dijadikan pedoman pelaksanaan kegiatan. Selain itu pada tahun 2016 ini diharapkan  produk fisik kegiatan swakelola berupa kajian, analisis dan lain sebaginya diupayakan dokumennya sudah final pada pertengahan triwulan 4 (akhir Oktober).

Hal lain yang juga menjadi pokok bahasan dalam rapat tersebut adalah pembagian tugas pengampu SKPD untuk perencanaan Tahun 2017, pembagian tugas Musrenbang RKPD di Kecamatan serta pembahasan agenda perencanaan Tahun 2016 seperti pelaksanaan Musrenbang- RKPD-PPAS. * * * (Sekretariat)