Berdasarkan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Bantuan Keuangan Daerah dan Tata Cara Bagi Hasil Pajak Daerah, Bantuan Keuangan Daerah adalah bantuan Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dan/atau Pemerintah Desa/Kelurahan dalam bentuk uang yang dialokasikan pada belanja tidak langsung dalam rangka pemerataan dan/atau peningkatan kemampuan keuangan. Bantuan keuangan daerah ini terdiri dari a) Bantuan Keuangan Daerah yang bersifat umum, dan b) Bantuan Keuangan Daerah yang bersifat khusus.

Bantuan Keuangan Daerah yang bersifat umum peruntukkan dan penggunaannya diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dan/atau Pemerintah Desa/Kelurahan penerima bantuan. Sedangkan bantuan keuangan daerah yang bersifat khusus peruntukkannya ditetapkan oleh Pemerintah Daerah pemberi bantuan.

Khusus untuk Kabupaten Sleman, pada tahun anggaran 2016 menerima Bantuan Keuangan Daerah sebesar Rp. 11.894.018.350,00 yang terdiri dari bantuan keuangan yang bersifat umum sebesar Rp. 2.955.418.350,00, bantuan keuangan kepada Pemerintah Desa sebesar Rp. 190.000.000,00, dan bantuan keuangan yang bersifat khusus sebesar Rp. 8.748.600.000,00.

Beberapa SKPD yang menjadi pelaksana Dana Bantuan Keuangan Daerah antara lain adalah Dinas Tenaga Kerja dan Sosial, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kantor Arsip Daerah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

*) Bidang Pengendalian dan Evaluasi