Lomba karya tulis ilmiah tingkat pelajar SD, SMP dan SMA dan lomba Penemuan/Pengembangan IPTEK untuk umum (masyarakat dan mahasiswa) dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS)  ke-16 di Kabupaten Sleman memperoleh perhatian dan diminati oleh masyarakat di Sleman. Menurut keterangan Sri Nurhidayah, S.Si, MT, Kassubid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Sleman peserta yang mengirimkan naskah karya tulis sebanyak 30 naskah. Dengan rincian tingkat SD/MI sebanyak 5 naskah, untuk tingkat SMP/MTs sebanyak 18 naskah, untuk tingkat SMA/SMK/MA sebanyak 7 naskah. Sedangkan lomba Penemuan/Pengembangan IPTEK sebanyak 24 naskah.

Jumlah peserta lomba karya tulis ilmiah dan penemuan/pengembangan IPTEK tahun 2011 ini jauh lebih banyak dari pada peserta lomba yang mengikuti lomba yang sama pada tahun 2010. Pada tahun 2010 tercatat naskah karya tulis yang mengikuti lomba sebanyak 22 naskah, Sedangkan untuk lomba Penemua/Pengembangan IPTEK sebanyak 9 naskah.

Lebih lanjut Sri Nurhidayah, S.Si, MT, menyampaikan bahwa para penulis naskah karya tulis yang masuk nominasi akan dihubungi melalui telepon untuk melakukan presentasi di Bappeda Kabupaten Sleman . Adapun waktu presentasi akan ditentukan kemudian. Namun untuk tingkat SD/MI tidak diadakan presentasi. * * *